Sukses

Mercedes-Benz EQS Pensiun, S-Class Listrik Disiapkan Jadi Pengganti

Menurut laporan Autocar, Mercedes-Benz S-Class generasi terbaru akan ditawarkan dengan mesin pembakaran internal atau ICE dan juga listrik murni

Liputan6.com, Jakarta - Menurut laporan Autocar, Mercedes-Benz S-Class generasi terbaru akan ditawarkan dengan mesin pembakaran internal atau ICE dan juga listrik murni. Hal tersebut menegaskan, jika EQS yang merupakan sedan listrik andalan pabrikan asal Jerman ini akan hilang setelah satu generasi.

"Akan ada dua S-Class di masa mendatang, ICE dan listrik," ujar CEO Mercedes-Benz, Ola Kallenius, yang juga mengatakan kepada Autocar bahwa kedua versi ini akan menampilkan eksterior dan interior yang serupa.

Sementara itu, pesaing dari Mercedes-Benz, BMW juga melakukan hal yang sama dengan Seri 7 dan i7. Namun, jika BMW menggunakan platform yang sama untuk sedan andalannya, Mercedes-Benz dikabarkan akan menggunakan platform MB.EA Large untuk S-Class konvensional.

Sedangkan untuk S-Class listrik, akan didukung dengan versi yang lebih dikembangkan dari Modular Rear Architecture (MRA) yang saat ini digunakan untuk model generasi ketujuh (W223).

Meskipun EQS mungkin akan segera berakhir, mobil ini akan terus menerima peningkatan teknis hingga akhir siklus hidupnya.

Pada paruh kedua 2025, EQS akan dibangun di platform Electric Vehicle Architecture (EVA) yang dimodifikasi dengan arsitektur listrik 800V, bukan 400V seperti saat ini.

Baterai baru juga akan digunakan, untuk meningkatkan jarak tempuh yang lebih jauh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Listrik Mercedes-Benz Turut Ramaikan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia (Mercedes-Benz Indonesia) turut berkontribusi dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal itu ditandai dengan penyerahan 16 kendaraan listrik kepada kantor Sekretariat Presiden. Setidaknya ada tiga model mobil listrik yang bakal digunakan dalam perayaan Hari Kemerdekaan mendatang, yaitu EQE Saloon, EQE SUV, dan EQS Saloon.

"Kami merasa terhormat mendukung visi pemerintah Indonesia untuk Indonesia yang lebih berkelanjutan," terang Presiden Direktur Inchcape Automotive Indonesia Khoo Shao Tze dalam keterangan resminya, Seni (12/8/2024).

Lebih lanjut Khoo Shao Tze menyampaikan, partisipasi Mercedes-Benz dalam acara ini lebih dari sekedar perayaan, tetapi mencerminkan komitmen untuk secara signifikan mendorong transformasi kendaraan listrik di Indonesia.

"Kami sangat senang melihat kendaraan listrik kami memainkan peran kunci dalam membentuk masa depan mobilitas di IKN," kata dia.

Pemakaian kendaraan ramah lingkungan ini pada acara yang bersejarah di IKN memperkuat dedikasi Mercedes-Benz terhadap strategi elektrifikasi yang dijalankan secara global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.