Sukses

Periklindo Tolak Keras Insentif Mobil Hybrid

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) kembali menegaskan menolak pemberian insentif mobil hybrid

Liputan6.com, Jakarta - Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) kembali menegaskan menolak pemberian insentif untuk mobil hybrid. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Periklindo, Moeldoko, saat konferensi pers EV Conference, di Jakarta, Rabu (4/9/2024).

"Tidak mendukung hybrid mendapatkan subsidi ya, diperjelas," kata Moeldoko.

Sementara itu, Tenggono Chuandra Phoa, Sekretaris Jenderal Periklindo menegaskan, perkumpulan ini menjadi yang pertama membuat pameran kendaraan listrik, dan negara lain masih berpikir terkait model ramah lingkungan ini, tapi Indonesia sudah katakan jika bergerak ke arah mobil listrik murni, dan tidak ada yang lain.

"Kewajiban kita sebagai Periklindo, perjuangkan kendaraan listrik di Indonesia, kami tidak mendukung hybrid. Hybrid masih bahan bakar fosil. Fosil didukung subsidi pemerintah," tegasnya.

"Kalau subsidi pemerintah tambah baterai lagi saya kira nggak cocok ya. Maaf kami tidak mendukung hybrid. Kalau mau hybrid ya jangan bicara di tempat kita lah," tukasnya.

Sebelumnya, memang beberapa pabrikan asal Jepang cukup gencar meminta pemerintah untuk bisa memberikan insentif hybrid. Pasalnya, meskipun masih menggunakan bensin, namun mobil hybrid juga memiliki peran besar untuk mengurangi emisi.

Tapi, pemerintah sendiri, melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dengan tegas mengatakan tidak ada penambahan atau ubahan dari regulasi untuk industri otomotif pada tahun ini. Dengan kata lain, upaya untuk bisa insentif mobil hybrid ini disahkan, menjadi sia-sia.

Bertolak belakang dengan Periklindo, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) justru mendung pemberian insentif hybrid yang masih diusahakan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. Meskipun, bantuan untuk mobil dengan mesin bensin dan motor listrk ini, diakui tidak harus sebesar mobil listrik murni.

"Kami sependapat bahwa mobil hybrid sebaiknya juga mendapatkan insentif, walaupun tidak sebesar mobil full listrik," ujar Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto, dikutip dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaikindo Dukung Insentif Hybrid

Jongkie berpendapat, mobil hybrid berhak mendapat insentif karena efisiensi bahan bakarnya yang jauh lebih baik dibandingkan mobil konvensional.

Kombinasi mesin pembakaran internal (ICE) dan motor listrik membuat mobil hybrid mampu mengurangi konsumsi bahan bakar secara signifikan, yang tidak hanya menghemat pengeluaran konsumen, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Efisiensi ini, sambungnya, juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas buang, menjadikan mobil hybrid sebagai pilihan yang lebih ramah lingkungan dan membantu pemerintah mencapai target nol emisi pada 2030.

"Mobil hybrid sudah hemat BBM yang cukup signifikan, sudah rendah polusi karena mesin ICE jarang hidup, bisa langsung beroperasi," kata Jongkie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini