Sukses

Ini Modal Zeekr 7X buat Tantang Tesla Model Y

Mobil listrik Tesla Model Y makin banyak pesaingnya. Terbaru adalah Zeekr 7X yang belum lama ini mendebut di Chengdu Motor Show 2024

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik Tesla Model Y makin banyak pesaingnya. Terbaru adalah Zeekr 7X yang belum lama ini mendebut di Chengdu Motor Show 2024.

Disebutkan, Zeekr 7X dibangun menggunakan platform PMA2+ yang sama dengan sedan 007 serta mengadopsi arsitektur listrik 800V dan menawarkan dua pilihan baterai.

Pilihan pertama adalah baterai Golden Brick buatan Zeekr yang terbuat dari lithium iron phosphate (LFP) dengan kapasitas 74 kWh. Memungkinkan jangkauan hingga 605 km sesuai standar CLTC.

Baterai ini mendukung pengisian cepat 5.5C, yang memungkinkan pengisian dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 10,4 menit dengan pengisi daya DC cepat.

Pilihan kedua baterai nickel manganese cobalt (NMC) yang disebut Qilin dengan kapasitas 100 kWh. Menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh hingga 780 km, tetapi hanya mendukung pengisian daya 5C, lebih rendah dari versi LFP.

Untuk performa, Zeekr ditenagai motor listrik dengan pilihan tunggal atau ganda. Versi penggerak roda belakang menggunakan satu motor dengan output 416 hp.

Sementara versi all-wheel drive (AWD) menambahkan motor kedua di depan dengan kekuatan 221 hp, memberikan total tenaga dorong 637 hp. Mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,8 detik.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.825 mm, lebar 1.930 mm, dan tinggi 1.666 mm, dengan jarak sumbu roda 2.925 mm, serta kapasitas untuk 5 penumpang.

Penerangan menggunakan strip yang membentang sepanjang bodi, memberikan tampilan seamless dengan siluet bulat khas mobil listrik China, tanpa detail yang berlebihan.

Bagian belakangnya menampilkan lampu kombinasi melintang Super Red. Untuk aerodinamika, terdapat gagang pintu yang tersembunyi.

Interiornya dirancang dengan konsep minimalis namun terasa mewah, berkat panel instrumen dan layar sentuh pusat berukuran 16 inci dengan teknologi mini-LED dan resolusi hingga 3,5K, dilengkapi dengan kontrol fisik di bawahnya. Sistem ini ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 8295.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelengkapan Lainnya

Kenyamanan penumpang belakang ditingkatkan dengan kursi elektrik yang memiliki fitur ottoman untuk ekstensi kaki, sunshade elektrik, dan meja lipat.

Varian tertinggi dilengkapi dengan layar sentuh OLED 2K berukuran 13 inci di belakang kursi baris depan.

Untuk varian tanpa panoramic sunroof, terdapat atap kaca dengan tirai elektrik, serta fungsi pemanas dan pendingin untuk kursi, dan panel di armrest yang mengontrol beberapa fungsi kendaraan. 

Fitur-fitur canggih seperti sedan 007 didukung oleh sensor LiDar di atap dan bumper, yang digunakan untuk sistem Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang memudahkan dan melindungi pengemudi.

Komputerisasi kendaraan ini menggunakan chip ganda Nvidia Orin X yang mendukung fungsi seperti pengereman darurat dan pengemudian otonom pada level tertentu. 

Harga jual Zeekr 7X masih belum diketahui. Diperkirakan berkisar antara 240 ribu hingga 350 ribu Yuan, atau sekitar Rp524 juta hingga Rp764 juta.

Mobil ini juga dirumorkan akan dijual secara global, dan mungkin akan tersedia di Indonesia mengingat merek tersebut telah memperkenalkan dirinya di pasar lokal. Pengiriman unit pertama di China dijadwalkan akan dimulai pada akhir September.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini