Sukses

Perhatikan 7 Hal Ini Supaya Performa Sepeda Motor Tetap Terjaga

Perawatan sepeda motor wajib dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Hal tersebut, agar performa kuda besi tetap terjaga, dan tidak bermasalah saat digunakan

Liputan6.com, Jakarta - Perawatan sepeda motor wajib dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Hal tersebut, agar performa kuda besi tetap terjaga, dan tidak bermasalah saat digunakan.

Disitat dari Wahana Honda, ada tujuh (7) langkah yang perlu diperhatikan dalam merawat sepeda motor, yaitu:

1. Pilih Bahan Bakar yang Tepat

Penggunaan bahan bakar sangat berpengaruh pada kinerja mesin motor. Cara merawat motor agar tetap awet adalah dengan menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90 untuk menyempurnakan pembakaran dalam mesin motor.

Berbeda jika menggunakan bahan bakar berkualitas rendah yang bisa meninggalkan kerak pada sistem injeksi dan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

2. Cermati Serius Kondisi Aki

Ini penting dilakukan agar aki sepeda motor selalu terjaga, terutama jika motor menggunakan teknologi injeksi, karena aki merupakan sumber listrik untuk sistem penghidupan pembakaran.

Jika air pada aki motor berkurang, tambahkan dengan air aki yang banyak dijual di pasaran atau lebih baik lagi jika mengganti aki motor sebelum aki benar-benar rusak.

3. Ganti Oli Teratur

Mengganti oli merupakan hal yang rutin dilakukan dalam merawat motor, minimal setiap 2 bulan sekali atau setelah motor menempuh jarak 1.000 km. Jangan sampai motor kekurangan pelumas sehingga bisa mengganggu kinerja mesin.

4. Periksa ECU

Cara merawat sepeda motor selanjutnya adalah dengan memperhatikan ECU (Electronic Control Unit) agar sistem injektor pada motor selalu bekerja dan berfungsi dengan baik. Jika sistem ini terganggu, kinerja injektor pada motor tidak akan berjalan dengan baik dan bisa mengakibatkan motor mogok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Busi Wajib Dirawat

Busi merupakan pematik api yang sangat diperlukan dalam proses pembakaran pada mesin. Jika terjadi kerusakan pada busi, proses pembakaran pada mesin tidak akan sempurna dan dapat membuat mesin menjadi kurang bertenaga, atau parahnya membuat motor tidak menyala.

Jika busi motor sudah tidak menghasilkan api yang maksimal, lebih baik ganti dengan yang baru agar pembakaran menjadi lebih sempurna.

6. Periksa BBM Dalam Tangki

Sebaiknya jangan biarkan bahan bakar dalam tangki motor habis saat dikendarai. Selain bisa menyebabkan motor mati, hal ini juga dapat merusak sistem injektor. Apabila tangki motor kosong, kotoran yang terdapat pada tangki akan mudah terserap dan menghambat kinerja mesin motor.

7. Lakukan Servis Secara Berkala

Melakukan servis berkala pada motor sangat penting, setidaknya setiap 3 bulan sekali untuk mengecek kondisi motor. Atau jika motor sering digunakan, bisa lakukan pengecekan satu bulan sekali agar kondisi motor tetap prima.

Usahakan juga melakukan servis di tempat yang berkualitas agar kondisi motor tetap baik dan nyaman.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Hadapi Cuaca Ekstrem agar Tetap Selamat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini