Sukses

Cerita Toyota di Balik Paus Fransiskus Gunakan Innova Zenix Hybrid

Sejak menginjakkan kaki di Indonesia pada Selasa 3 September 2024, Pemimpin gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid sebagai kendaraan untuk mendukung mobilitasnya di Jakarta.

Liputan6.com, Karawang - Sejak menginjakkan kaki di Indonesia pada Selasa 3 September 2024, Pemimpin gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid sebagai kendaraan untuk mendukung mobilitasnya di Jakarta. Mobil ramah lingkungan berkelir putih dengan nomor polisi SCV 1 itu ternyata tidak disediakan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) maupun Toyota Astra Motor (TAM).

Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam menceritakan yang terjadi di balik penggunaan Innova Zenix oleh Paus Fransiskus. Menurutnya, tidak ada permintaan khusus dari Toyota agar Paus Fransiskus menggunakan Innova Zenix Hybrid saat ke Indonesia.

"Itu yang mengatur panitia semua, enggak ada endorsement. Jadi jangan pikir ini lobi Toyota," ungkap Bob Azam, di Karawang, Kamis (5/9/2024).

Sebagai informasi, Toyota Kijang Innova Zenix meluncur di Indonesia pada 2022. Model generasi ke-7 ini, mendapatkan ubahan yang cukup banyak, salah satunya penggunaan platform TNGA: GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan struktur ladder-on-frame.

Toyota Kijang Innova Zenix diluncurkan di Indonesia dalam dua varian mesin, bensin dan hybrid. Untuk mesin bensin tersedia tipe G dan V, sedangkan hybrid hadir tipe G, V dan Q sebagai varian tertinggi. Untuk Innova Zenix Hybrid yang digunakan Paus Fransiskus diketahui merupakan tipe V Modellista.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mobil Ramah Lingkungan

Paus Fransiskus, yang dikenal dengan kampanye lingkungan hidupnya, memilih Toyota Innova Zenix Hybrid yang ramah lingkungan untuk mendukung perjalanan apostoliknya di Indonesia. Mobil ini dilengkapi dengan teknologi hybrid yang efisien, sejalan dengan upaya global untuk mengurangi emisi karbon dan menjaga kelestarian alam.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Electric Vehicle (HEV) merupakan generasi terbaru dari Kijang Innova yang sudah hadir selama dua dekade. Kehadiran varian hybrid dari Kijang Innova Zenix merupakan wujud komitmen Toyota menghadirkan sarana mobilitas yang ramah lingkungan dengan mesin hybrid yang hemat bahan bakar, rendah emisi, dan bertenaga.

Kehadiran Kijang Innova Zenix Hybrid juga merupakan bagian dari komitmen Toyota untuk berpartisipasi aktif dalam upaya dekarbonisasi menuju Nett Zero Emission (NZE) pada 2060 yang sudah menjadi semangat global melaui strategi Multi-pathway. Saat ini, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang sudah diproduksi lokal masih menjadi mobil hybrid paling laris di Indonesia.

Sepanjang Juli 2024 lalu, Zenix HEV itu terjual sebanyak 2.906 unit atau selama 2024 ini penjualan mencatat rata-rata penjualan 2.000 unit per bulan. Selain Kijang Innova Zenix Hybrid yang sudah hadir, Toyota Indonesia juga tengah memulai studi pengembangan penggunaan bioetanol untuk Kijang Innova Zenix Hybrid Flexy Fuel dan Kijang Innova yang menggunakan teknologi elektrifikasi berbasis Battery Electric Vehicle (BEV).

3 dari 4 halaman

Harga All New Toyota Innova Zenix Saat Diluncurkan

Harga All New Toyota Innova Zenix bensin :

  • 2.0 G CVT (Non Premium Color) : Rp 419 juta
  • 2.0 G CVT (Premium Color) : Rp 422 juta
  • 2.0 V CVT (Non Premium Color ) : Rp 467 juta
  • 2.0 V CVT (Premium Color) : Rp 470 juta

Harga All New Toyota Innova Zenix hybrid :

  • 2.0 G HV CVT (Non Premium Color) : Rp 458 juta
  • 2.0 G HV CVT (Premium Color) : Rp 461 juta
  • 2.0 V HV CVT Modelista (Non Premium Color) : Rp 532 juta
  • 2.0 V HV CVT Modelista (Premium Color) : Rp 535 juta
  • 2.0 Q HV CVT Modelista (Non Premium Color) : Rp 611 juta2.0 Q HV CVT Modelista (Premium Color) : Rp 614 juta
4 dari 4 halaman

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini