Sukses

Pasar Otomotif Lesu, Mitsubishi Bertekad Jaga Posisi Triton

Pasar otomotif di Indonesia memang tengah mengalami penurunan penjualan, termasuk di segmen kendaraan komersial seperti kabin ganda

Liputan6.com, Jakarta - Pasar otomotif Indonesia tengah mengalami penurunan penjualan, termasuk di segmen kendaraan komersial seperti kabin ganda. Kondisi ini membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) merasa lebih tertantang dalam memasarkan model baru dari Mitsubishi Triton.

Dijelaskan Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Mitsubishi Triton yang saat ini sudah memasuki generasi keempat, dan selama 20 tahun mempertahankan posisinya di pangsa pasar yang cukup kuat.

"Tapi memang beberapa kali kita sempat mengalami kendala dengan suplai. Di situ, kami mengalami penurunan. Mengambil momentum all new Triton, kami menargetkan mempertahankan market share yang kuat," jelas Irwan, di sela-sela test drive all new Mitsubishi Triton di Bukit Pelangi, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (9/9/2024).

Sebagai gambaran, menurut Irwan, all new Triton menguasai pangsa pasar sekitar 40 persen di segmennya. Dan pencapaian itu, akan ditargetkan untuk ditingkatkan.

"Kita tingkatkan untuk kembali jadi market leader di segmen pikap 4x4," tegas Irwan.

Sementara itu, menurut Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Yoshio Igarashi berdasarkan data Gaikindo, retail sales pasar otomotif memang turun 20 persen dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini, terjadi karena adanya penurunan komoditas dan suplai yang turun, dan itu adalah kombinasi dari aspek tersebut.

"Konsumen kami memang pertambangan dan perkebunan, tapi beberapa tahun ini sudah tersebar. Kami coba ekspansi lagi, menerima tantangan ini ke depannya untuk fokus ke pasar pembeli pribadi," tukasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjual Ribuan Unit, All New Triton Mulai Dikirim ke Garasi Konsumen

Model kabin ganda andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), all new Triton sudah resmi diluncurkan saat gelaran GIIAS 2024, Juli lalu. Kini, model tersebut mendapatkan berbagai penyegaran yang bisa mendukung bisnis para konsumen pabrikan berlambang tiga berlian.

Dijelaskan Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI, Triton merupakan produk yang cukup penting bagi jenama asal Jepang tersebut. Mobil niaga ini, bahkan sudah dihadirkan selama lebih dari 20 tahun, dan cukup diterima baik oleh konsumen Tanah Air.

"Kami juga sudah mengirim mobil ini, pada bulan ini (September 2024). Kita sudah kirim ke konsumen," jelas Kurita, di sela-sela acara test drive all new Triton, di Bukit Pelangi, Sentul, Bogor, Senin (9/9/2024).

Sementara itu, menurut Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, jika berbicara surat pemesanan kendaraan (SPK), dan September 2024 sudah mulai dialokasikan ke konsumen sekitar 500 unit, dan ditambah 500 unit kembali.

"Jadi, sekitar 1.000 unit. Jadi, itu yang kita realisasikan sampai bulan ini," tukas Irwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini