Sukses

Biar Aman dan Nyaman, Ini yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring Sepeda Motor

Bagi pecinta sepeda motor, melakukan perjalanan jarak jauh alias touring jadi hal yang wajib dilakukan. Kegiatan tersebut, bisa dilakukan sendiri, atau bersama teman atau komunitas

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pecinta sepeda motor, melakukan perjalanan jarak jauh alias touring jadi hal yang wajib dilakukan. Kegiatan tersebut, bisa dilakukan sendiri, atau bersama teman atau komunitas.

Namun, agar touring tetap nyaman dan aman, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Dilansir dari Wahana Honda, berikut hal yang dilakukan sebelum touring dengan sepeda motor:

1. Bawa Kunci & Peralatan

Jangan lupakan untuk membawa alat-alat atau kunci untuk membongkar sepeda motor ketika di jalan. Peralatan ini akan sangat membantu ketika Anda terkena masalah saat di perjalanan. Setidaknya bawa deretan kunci seperti obeng, kunci L, kunci pas, pisau lipat, kunci shock, dan lain sebagainya.

2. Jangan Lupa Bawa Busi

Busi cadangan wajib dibawa untuk berjaga-jaga kalau busi yang menempel mendadak rusak. Karena kita tidak pernah tahu kapan busi akan rusak. Bisa saja rusaknya saat malam hari di mana banyak bengkel yang sudah pada tutup. Inilah pentingnya membawa busi cadangan, terutama saat melakukan perjalanan touring jarak jauh.

3. Bawa Jas Hujan

Jas hujan jangan lupa dimasukkan ke dalam list persiapan touring motor. Perlengkapan ini wajib dibawa ketika mengendarai sepeda motor.

Sebisa mungkin pilih jas hujan berwarna cerah. Tujuannya agar pengendara lain bisa dengan mudah melihat posisi kita ketika hujan deras melanda. Cek juga bagian jas hujan, karena biasanya akan rusak akibat usia pakai. Usahakan juga untuk menyiapkan jas hujan sepatu ketika hendak melakukan touring.

4. Bawa P3K

Membawa peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) bisa menjadi salah satu persiapan touring motor terbaik. Peralatan P3K yang bisa dibawa antara lain meliputi obat-obatan, plester, alkohol luka, lotion anti nyamuk, hand sanitizer, kapas, dan lain sebagainya.

5. Gunakan Jaket

Jika semua persiapan di atas sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan jaket untuk di perjalanan. Gunakan jaket dengan protektor ketika mau melakukan perjalanan jauh untuk memberikan keamanan berkendara. Pilih juga jaket yang bisa memberikan sirkulasi udara cukup baik agar Anda tidak mudah kepanasan saat siang hari.

Bisa juga membawa 2 jaket, yang terdiri dari jaket siang yang punya banyak ventilasi dan jaket berventilasi rapat untuk digunakan pada malam hari. Usahakan pilih jaket untuk touring dengan warna yang cukup ngejreng agar mudah terlihat ketika berkendara di malam hari.

Beberapa produsen menyediakan jaket dengan teknologi reflektif agar lebih mudah terlihat oleh pengendara lain saat malam hari.

6. Pilih Helm

Persiapan untuk touring motor lainnya yakni jangan lupa untuk memilih helm yang akan menemani perjalanan.Usahakan pilih helm full face ketika melakukan perjalanan jarak jauh agar memberikan perlindungan yang lebih maksimal.

Bisa juga menggunakan helm model modular yang bagian depannya bisa dibuka-tutup dengan mudah.

Helm yang digunakan usahakan sesuai dengan ukuran kepala agar tidak terlalu besar maupun kekecilan saat dipakai. Jangan lupa untuk mencuci busa helm terlebih dahulu sebelum melakukan touring agar lebih nyaman dipakai nantinya.

7. Gunakan Sepatu Tinggi

Gunakan sepatu ukuran tinggi. Ketinggian yang dimaksud ini untuk menutupi bagian mata kaki agar tertutup dengan sempurna ketika berkendara. Usahakan pilih sepatu dengan bahan tebal, tidak licin saat dipakai, dan punya bagian keras di depan dan belakang. Bisa juga dengan membeli sepatu khusus touring di tempat perlengkapan sepeda motor yang ada.

Namun sepatu khusus touring ini biasanya punya harga mahal, sehingga tidak semua orang mau memiliki sepatu jenis ini. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan sandal ataupun alas kaki yang membuat bagian kaki terekspos. Sebisa mungkin gunakan sepatu yang menutupi hingga area mata kaki agar lebih aman saat berkendara.

8. Phone Holder

Di era modern ini semua serba digital, termasuk menggunakan peta. Kemudahan membuka peta ini tentu harus diikuti dengan persiapan pada sepeda motor ketika hendak touring jarak dekat atau jauh. Karenanya wajib memasang phone holder di bagian setang atau tas khusus smartphone untuk ditaruh di bagian tangki pada motor sport.

Jangan lupa memasang phone holder di tempat yang tidak mengganggu visibilitas ke depan dan samping. Sediakan juga kabel untuk mengisi daya smartphone ketika sedang berkendara di atas sepeda motor. Pemasangan ini bisa dilakukan secara mandiri di bengkel langganan Anda nih tentunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

9. Istirahat Cukup

Sebelum memulai perjalanan pastikan sudah beristirahat hingga badan terasa sangat sehat dan fit. Jika berangkat pagi hari, pastikan sudah tidur selama lebih kurang 8 jam agar tubuh dalam kondisi yang prima. Hindari kegiatan yang membuat kelelahan sebelum melakukan perjalanan agar badan tidak lemas. Usahakan untuk banyak makan dan minum sejak minimal 2 hari sebelum melakukan perjalanan touring.

Cara seperti ini biasa dilakukan oleh mereka yang akan menjalani perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Bila perlu minumlah vitamin sejak 3 hari sebelum keberangkatan untuk menjaga imunitas agar tidak drop di hari H.

10. Siapkan Uang Cash

Di zaman modern seperti sekarang yang serba casless membuat banyak orang tidak lagu menyimpang uang tunai di dompet. Namun ketika melakukan perjalanan jarak jauh, bsia jadi akan ada banyak restoran dan SPBU di luar kota umumnya tidak menyediakan layanan QRIS seperti yang di Jakarta.

Jarak ATM pun biasanya cukup jauh, sehingga akan lebih baik menyiapkan uang tunai sebelum melakukan perjalanan.

11. Cek Kondisi Motor

Persiapan melakukan touring yang pertama adalah mengecek kondisi sepeda motor yang akan digunakan. Sepeda motor harus berada dalam kondisi fit untuk melakukan perjalanan touring bersama dengan Anda. Cek seluruh komponen mulai dari kaki-kaki, mesin, rem, kelistrikan, dan surat-surat kendaraan sebelum perjalanan.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini