Sukses

Sambangi Timor Leste, Paus Fransiskus Kembali Pakai Mobil Merakyat

kunjungan ketiga dalam perjalanan apolistik Paus Fransiskus Sambangi Timor Leste. Lagi-lagi Paus terlihat menggunakan mobil merakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin tertinggi agama Katolik, Paus Fransiskus, berkunjung ke Timor Leste menggunakan mobil merakyat. Paus menunjukkan kesederhanaannya dalam menggunakan kendaraan, setelah sebelumnya menyambangi Indonesia dan Papua Nugini. Kali ini, ia terlihat menggunakan mobil Toyota Sienta.

Paus Fransiskus tiba di Ibu Kota Timor Leste, Dili, pada Senin (9/9/24). Ia menempuh perjalanan tiga setengah jam setelah berlabuh dari Ibu Kota Papua Nugini ke Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato.

Sesampainya di bandara, Paus disambut oleh Presiden Timor Leste, José Manuel Ramos-Horta. Selain itu, ia juga disambut oleh sekelompok anak yang menggunakan pakaian adat tradisional.

"Kunjungan Paus adalah yang terbesar, pemasaran terbaik yang dapat dilakukan siapa pun untuk mempromosikan negara ini, untuk menempatkan negara ini di peta pariwisata," ujar José Ramos-Horta, disitat The Associated Press pada (9/9/2024).

Uskup Roma itu pergi ke istana Timor Leste menggunakan Toyota Sienta. Duduk di jok depan, Paus menyapa masyarakat Timor Leste. Paus pergi ke istana untuk menyampaikan pidato resmi kepada pemerintah Timor Leste.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesederhanaan Paus Mengunjungi Kawasan Asia-Pasifik

Pemimpin tertinggi agama Katolik, Paus Fransiskus, dinilai memiliki kesederhanaan dalam memilih kendaraan. Hal itu dibuktikan ketika ia berkunjung ke tiga negara di kawasan Asia-Pasifik.

Kunjungan pertama di Indonesia, Paus menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix. Sebelum tiba di Indonesia, Paus juga berangkat menaiki pesawat komersial, bukan jet pribadi atau pesawat eksklusif.

Kedua, Uskup Roma itu berkunjung ke Papua Nugini. Ia juga memilih kendaraan sederhana, yaitu menaiki Toyota Raize. Lalu, pada kunjungan ketiga, Paus tertangkap kamera menggunakan Toyota Sienta.

Kesederhanaannya banyak dipuji dan dikagumi oleh masyarakat Timor Leste dan Papua, terlebih oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, kesederhanaannya diikuti oleh beberapa tokoh, seperti Presiden Jokowi, ketika Paus berkunjung ke Indonesia.

3 dari 3 halaman

Kunjungan Terakhir ke Singapura

Setelah berkunjung ke Timor Leste, Paus Fransiskus akan pergi ke Singapura. Ia akan mengakhiri perjalanan apostoliknya ke Singapura sebelum pulang ke Roma.

Kunjungan keempat akan dilakukannya pada 13 September mendatang. Saat ini, Paus masih berada di Timor Leste. Negara itu menjadi kunjungan ketiga dalam perjalanan apostoliknya. 

Sebelumnya, ia juga sudah mengunjungi Papua Nugini dan Indonesia. Dalam perjalanan apostoliknya, Paus berkunjung ke negara-negara di kawasan Asia-Pasifik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini