Sukses

Baterai EV Kapasitas Tinggi Panasonic Mulai Dipasok ke Tesla

Pemasok baterai Tesla, Panasonic Energy telah menyelesaikan persiapan untuk produksi massal baterai kendaraan listrik berkapasitas tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Pemasok baterai Tesla, Panasonic Energy, telah menyelesaikan persiapan untuk produksi massal baterai kendaraan listrik berkapasitas tinggi. Hal tersebut, ditegaskan oleh perusahaan asal Jepang, seperti disitat dari Reuters, Selasa (10/9/2024).

Panasonic sendiri tengah berupaya untuk mulai memasok sel baterai ke produsen mobil, termasuk Tesla yang memang selama ini sudah menjalin kerja sama.

Pabrik Panasonic Energy yang direnovasi di prefektur Wakayama, akan berfungsi sebagai pabrik utama untuk produksi sel 4680, yang menurut perusahaan memiliki kapasitas lima kali lipat dari baterai silindernya yang lebih kecil yaitu 2170.

Sementara itu, untuk dari Panasonic Holdings telah mengirimkan sampel baterai 4680 ke sejumlah produsen mobil, yang telah menjadi pemasoknya dan bermaksud memulai produksi setelah mendapat lampu hijau dari klien.

Sebelumnya, dikatakan bahwa pihaknya berencana untuk memulai produksi sel 4680 di pabrik Wakayama, tempat sebelumnya perusahaan membaut suku cadang untuk baterai otomotif, pada paruh pertama tahuh fiskal 2024, yang dimulai pada April.

Sel yang lebih besar, yang memiliki diameter 46 mm dan tinggi 80 mm, akan memungkinkan produsen mobil untuk memperluas jangkauan berkendara kendaraan listrik dan menggunakan lebih sedikit sel untuk mencapai kapasitas paket baterai yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baterai Tesla

Tesla sebagai salah satu produsen yang dipasok, telah mengirimkan Cybertruck pada November 2023, setelah bertahun-tahun tertunda dan peningkatan produksi yang sulit.

Sedangkan Tesla sudah memproduksi baterai 4680 miliknya sendiri, salah satu kendala utama yang dihadapinya untuk truk tersebut adalah kecepatan pembuatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.