Sukses

Jajal Langsung Mitsubishi Triton Baru di Jalur Off-Road Ekstrem

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah resmi meluncurkan kabin ganda terbarunya, all new Triton di gelaran GIIAS 2024 lalu

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan kabin ganda terbarunya, all new Mitsubishi Triton di gelaran GIIAS 2024 lalu.

Berselang beberapa bulan, jenama berlambang tiga berlian ini mengajak langsung sejumlah media otomotif nasional untuk mencoba langsung model tersebut di jalur off-road yang cukup ekstrem.

Bertempat di Bukit Pelangi, Sentul, Jawa Barat, Liputan6.com berkesempatan untuk mencoba all new Mitsubishi Triton varian tertinggi, Ultimate AT Double cab 4WD.

Selain itu, kami juga berkesempatan untuk mencoba all new Triton HDX MT Double Cab 4WD. Namun, untuk pengetesan model tersebut, bertindak sebagai penumpang, bukan sebagai pengemudi.

"All new Triton ini merupakan model generasi keempat, dan banyak peningkatan diberikan. Memiliki performa berkendaraan yang lebih baik, dan kami juga memberikan banyak teknologi terbaik di mobil ini," jelas Presiden Direktur PT MMKSI Atsushi Kurita di sela-sela test drive all new Mitsubishi Triton, di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Pihak MMKSI telah menyediakan rute off-road sepanjang 650 meter, dengan berbagai jenis jalur dan kontur seperti jalur datar, trek berlumpur, menanjak dan menurun, lintasan dengan banyak gundukan, dan jalan yang tidak rata, serta side ramp atau trek miring.

 

Di jalur datar, bisa dirasakan jalan tanah dan mencoba pengalaman berbeda menggunakan mesin baru all new Triton yang lebih bertenaga, dengan torsi yang berlebih di putaran awal.

Di varian Ultimate, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan Super Select-II yang memiliki 7 drive mode dengan selector dial di kecepatan bawah 100 km/jam.

Sedangkan varian lainnya, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan sistem tuas yang lebih disukai untuk mobil operasional penunjang bisnis, dengan pilihan drive mode yang sama, yaitu: 2WD (2H) hingga 4WD (4H, 4L).

Selanjutnya, pengetesan memasuki trek dengan jalan yang tidak rata dan banyak gundukan, di mana kecepatan yang disarankan adalah 10-20 km/jam.

Karakter kokoh dari Mitsubishi All-New Triton dapat dirasakan berkat improvement pada rangka sasis, yang meningkatkan kekuatan, durabilitas, dan keamanan kendaraan, terlebih dengan luas penampang chassis yang 65 persen lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maksimalkan Fitur All New Triton

Di sepanjang trek, terdapat berbagai rintangan, termasuk genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring. Genangan lumpur memiliki panjang sekitar 3 meter dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm.

Untuk menavigasi area berlumpur ini dengan efektif, pengemudi dapat memanfaatkan fitur drive more mud dan real differential lock, untuk membantu mempertahankan traksi saat ban tergelincir di kontur jalan yang tidak rata dan licin.

Kemudian, di trek dengan kontur menurun dan menanjak, kami diharuskan untuk mengemudi dengan kecepatan 10-20 km/jam.

All new Triton menawarkan beberapa keunggulan untuk mengemudi menanjak, termasuk Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle yang lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya, serta torsi dan daya yang superior.

Di trek menurun, dapat dimanfaatkan engine break yang lebih optimal, yang berguna untuk menambah rasa aman, keselamatan, dan kenyamanan bagi pengendara.

Kemudian, hadirnya fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) juga memberikan stabilitas di berbagai medan dan kondisi jalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini