Sukses

Mobil Listrik Racikan Audi-SAIC Segera Dikenalkan, Siap Diproduksi Tahun Depan

Audi-SAIC lakukan perjanjian kerja sama untuk luncurkan EV pada bulan November mendatang. Rencana untuk mulai masuk ke pasar pada paruh kedua tahun 2025.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik konsep yang dikembangkan Audi bersama SAIC memasuki tahap finalisasi. CEO Cooperation Project Audi-SAIC Fermin Soneira menyebut, model produksinya siap diperkenalkan pada November mendatang, dan diharapkan dapat dirilis ke pasaran pada pertengahan 2025.

Produksi mobil listrik kelas atas ini rencananya akan dilakukan di pabrik SAIC- Volkswagen Anting di Shanghai, China. 

Menariknya, dalam kurun satu setengah tahun setelah model ini diniagakan, mereka siap mengenalkan tiga model baru lainnya, termasuk SUV dan sedan.

Meski demikian, belum ada pernyataan resmi apakah model kolaborasi ini akan diniagakan dengan logo empat cincin.

Rumor yang berkembang, model baru tersebut akan menggunakan nama Audi tanpa logo empat cincin.

Lebih lanjut Soneira menyampaikan, model ini disiapkan untuk pasar China. Menurutnya, China adalah pasar Audi terbesar di dunia dan juga pasar luar negeri terpenting bagi Audi.

Terlebih lagi, konsumen muda Tiongkok memiliki lebih banyak permintaan terhadap teknologi pintar seperti mengemudi otonom dan konektivitas kendaraan.

Sementara konsumen Audi di pasar global pada dasarnya berusia antara 55 dan 60 tahun, sedangkan kelompok pelanggan di Tiongkok umumnya lebih muda, dengan usia rata-rata sekitar 35 tahun.

"Strategi Audi-SAIC dalam menjajakan produk ini adalah dengan menargetkan pada konsumen generasi muda. Selain itu juga lebih fokus pada konsep dan desain yang modern serta menggunakan teknologi terbaru," kata Soneira.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sasaran Pasar di Negara Cina

Dirinya juga mengonfirmasi bahwa model baru tersebut tidak mengikuti versi merek baru dari kendaraan IM Motors (Intelligence in Motion), mengingat fokus Audi-SAIC pada kecerdasan kelas atas.

Dan perlu diketahui, CATL adalah pemasok baterai dan Momenta adalah pemasok driving solution untuk mobil kolaborasi ini.

Sekadar informasi, IM Motors merupakan perusahaan patungan kendaraan listrik antara SAIC, Alibaba, dan ZhangJiang Hi-Tech.

Sedangkan Momenta adalah perusahaan rintisan yang bergerak di bidang kendaraan otonom yang berkantor pusat di Beijing.

Dan perlu diketahui, kemitraan Audi-SAIC sudah dilakukan sejak Juli 2023 dan produk kolaborasi yang telah dipasarkan di pasar Tiongkok, meliputi Audi A7L, Q5 e-tron, dan Q6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • AUDI-SAIC

  • Audi

  • SAIC