Sukses

Indonesia Jadi Negara Pertama di Luar China yang Produksi Neta X

Setelah tampil di ajang pameran GIIAS 2024, NETA Auto Indonesia resmi mengumumkan produksi perdana NETA X di Indonesia secara Completely Knocked Down (CKD) di pabrik PT Handal Indonesia Motor

Liputan6.com, Jakarta - PT NETA Auto Indonesia mengumumkan produksi perdana Neata X di Indonesia. Produksi SUV listrik ini sendiri dilakukan secara Completely Knocked Down (CKD) di pabrik PT Handal Indonesia Motor, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Line-off celebration Neta X di Indonesia dilakukan pada Jumat (13/9/2024). Acara ini diresmikan oleh Liu Lei, Vice President of Overseas Business NETA Auto, dan Peter Zhang, Managing Director NETA Auto Indonesia.

Ini menjadi tonggak penting bagi NETA X, di mana Indonesia menjadi negara pertama di luar China yang berkesempatan memproduksi mobil NETA X.

Hal ini membuktikan komitmen NETA Auto untuk menyediakan kendaraan listrik berkualitas global dengan buatan tenaga lokal yang bisa diakses oleh semua kalangan di Tanah Air.

Hadirnya NETA X sebagai produksi mobil listrik buatan lokal, membuat perusahaan asal Tiongkok ini melanjutkan tren positifnya setelah berhasil memproduksi NETA V-II pada awal tahun 2024. Selain itu, NETA X juga siap akan meramaikan pasar SUV di indonesia.  

Vice President of Overseas Business NETA Auto, Liu Lei, mengungkapkan peresmian produksi lokal NETA X adalah bagian dari strategi besar mereka dalam memperluas lini produk mobil listrik di Indonesia.

Kerja sama dengan PT Handal Indonesia Motor merupakan langkah awal dalam menciptakan mobil listrik lokal yang memenuhi standar internasional. 

“Hari ini merupakan salah satu momen penting bagi kami, karena kami dapat merealisasikan salah satu komitmen dan rencana strategi kami dalam mengembangkan lini produk kami untuk pasar mobil listrik di Indonesia dengan meresmikan produksi lokal NETA X secara CKD. Kami juga berterima kasih kepada mitra kami, yaitu PT Handal Indonesia Motor, yang turut bekerja sama dan mendukung kami dalam perakitan mobil listrik NETA X secara lokal ini,” ujar Liu Lei.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana untuk Indonesia Menjadi Pusat Ekspor Global NETA X

Selain memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, NETA Auto juga berencana untuk menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor untuk NETA X ke berbagai negara. Pada tahap awal, kapasitas produksi NETA X ditargetkan mencapai 27.000 unit per tahun, dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 44 persen.

NETA Auto juga berkomitmen untuk terus meningkatkan TKDN dengan menggandeng PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia sebagai penyedia baterai untuk NETA X. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan penggunaan komponen lokal dan mencapai standar TKDN yang lebih tinggi di masa mendatang. 

“Dengan kerja sama antara NETA dan para mitra lokal, kami optimis kolaborasi ini dapat menghasilkan mobil listrik berkualitas terbaik dan dengan komponen lokal yang memenuhi regulasi pemerintah, serta mendorong perkembangan industri komponen dalam negeri. Tentu saja kami tidak akan berhenti di sini, karena kami berkomitmen untuk terus menghadirkan mobil listrik berkualitas serta layanan purna jual yang premium untuk semua kalangan di Indonesia,” ungkap Peter Zhang, Managing Director NETA Auto Indonesia.

"Dengan dimulainya produksi perdana NETA X ini, kami berharap NETA Auto Indonesia dapat memenuhi permintaan akan mobil listrik yang cerdas dan ramah lingkungan untuk jangka panjang. Ke depannya, kami juga berharap pabrik ini dapat menjadi basis produksi untuk mendukung ekspor produk NETA dari Indonesia ke seluruh dunia,” tambah Peter Zhang. 

Respon positif terhadap NETA X terlihat sejak diperkenalkan di GIIAS 2024. Para pengunjung pameran antusias mencoba performa SUV ini melalui sesi customer test drive. NETA Auto juga membuka pre-book untuk NETA X, dengan penawaran menarik seperti Lifetime Warranty, Free Wall Charging Station & Installation, serta berbagai promo khusus selama pameran.

Grand launching NETA X dan pengumuman harga resminya di Indonesia dijadwalkan pada bulan September 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif terbesar di Indonesia. Pameran ini memulai sejarahnya sejak 1986

    GIIAS

  • giias 2024

  • Neta X

  • SUV

Video Terkini