Sukses

Fitur Anti Maling Ini Bikin Tenang Hati Pemilik Mobil Hyundai

Diler Hyundai menyediakan beberapa mobil yang sudah terjamin fitur keamanannya. Mobil-mobil tersebut sudah terintergrasi dengan sistem Bluelink.

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai telah membekali produk mobilnya dengan fitur anti maling. Mereka menyebut sebagai Hyundai Bluelink.

Disebutkan, dengan fitur ini pemilik mobil bisa terhubung dengan kendaraan kesayangannya melalui ponsel. Sejumlah model Hyundai yang mengadopsi fitur ini di antaranya Creta, Stargazer, Stargazer X, Palisade, Santa Fe, Ioniq 5, dan all new Kona Electric. 

Ferry, Chief Operation Officer Hyundai Gowa menjelaskan, hadirnya aplikasi Bluelink membantu dalam memenuhi kebutuhan pelanggan untuk menjaga keamanan tetap terjamin dan memberikan kenyamanan dalam setiap berkendara. 

"Aplikasi Bluelink, hadir secara eksklusif hanya di Hyundai untuk membantu memenuhi apa yang dibutuhkan pelanggan, demi berkendara secara aman dan nyaman," terang Ferry.

 

Pemilik mobil Hyundai yang sudah terintegrasi dengan sistem bluelink, tidak perlu bayar untuk menikmati fitur tersebut. Pelanggan Hyundai cukup mendaftarkan layanan dan bisa mengakses aplikasi tersebut secara gratis selama tiga tahun. 

Meskipun mobil berada di jarak yang jauh, pemilik mobil bisa terkoneksi melalui aplikasi Bluelink.

Ada berbagai layanan fitur canggih yang bisa dimanfaatkan pengguna, seperti Remote Engine Start/Stop, Remote Door Lock/Unlock, menyetel pengatur suhu dalam kabin, Find My Car ketika lupa posisi parkir, serta sistem anti maling yaitu Stolen Vehicle.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kecanggihan Fitur Bluelink

Melalui aplikasi Bluelink kita bisa mengetahui adanya indikasi pencurian, yaitu melalui fitur Stolen. Fitur ini beroperasi disaat mobil mendeteksi upaya pencurian mobil.

Bluelink akan mengirimkan notifikasi kepada pemilik mobil untuk mengidentifikasi posisi terbaru dari mobilnya. Berikut tiga fitur Stolen Vehicle yang wajib diketahui pengguna Bluelink: 

1. Stolen Vehicle Notification

Jika ada seseorang yang ingin membuka paksa pintu mobil, maka pemilik mobil akan langsung menerima notifikasi atau tanda peringatan. Hal ini membuat pemilik mobil jadi mengetahui kondisi kendaraannya dan bisa langsung segera bertindak. 

2. Stolen Vehicle Tracking

Semisal pemilik mobil kehilangan kendaraan atau mobilnya dicuri, bisa dapat menghubungi Hyundai call center di aplikasi Bluelink. Melalui layanan call center akan dilakukan pelacakan lokasi dan rute kendaraan. 

3. Stolen Vehicle Immobilization

Setelah pemilik mobil melaporkan pencurian mobil ke Call Center Hyundai, pemilik mobil dapat meminta Call Center untuk mematikan mesin mobil dan pencuri tidak dapat menghidupkan mobil kembali.

"Kami memastikan pengendara Hyundai memiliki rasa keamanan yang lebih ketika berkendara. Dengan kecanggihan fitur Bluelink Stolen Vehicle, tentunya membuat pengendara selangkah lebih cepat merespon bahkan sebelum terjadi pencurian pada mobilnya." tutup Ferry.

3 dari 3 halaman

Kenali Modus Pencurian pada Kendaraan Mobil

Maraknya pencurian mobil yang terjadi di indonesia rasanya sudah tidak bisa dibendung. Kita dapat mengetahui melalui media sosial, banyak kejahatan atau pencurian kendaraan yang dilakukan secara komplotan dan juga terang-terangan. 

Beberapa modus pencurian yang sering terjadi seperti pencurian aksesori mobil, sparepart, barang-barang di dalam mobil.

Selain itu,  pencurian mobil terjadi disaat pengendara lengah dan tidak waspada, karena pencurian dapat terjadi tanpa mengenal tempat. 

Tindakan yang dilakukan pelaku cukup bervariasi  diantaranya memecah kaca, membobol pintu, penggunaan kunci T, bahkan modus pencurian berkelompok maupun mengambil kesempatan saat pintu tidak terkunci dan pengendara lengah terhadap barang yang ada di dalam mobilnya.

Hal ini perlu dilakukan tindakan preventif untuk mengetahui atau mengenal ciri-ciri kejahatan pada pencurian kendaraan. 

Supaya lebih waspada, berikut beberapa tips sederhana yang diberikan Hyundai Gowa untuk pencegahan terjadinya pencurian.

1. Selalu kunci pintu dan jendela

Jika dalam kondisi apapun baik itu saat berkendara atau menepi di pinggir jalan selalu kunci pintu dan jendela. 

Bahkan jika ingin meninggalkan mobil walaupun sebentar, pastikan semua pintu dan jendela terkunci secara otomatis. Lakukan pengecekan ulang dan pastikan alarm dalam kondisi menyala.

2. Parkir di tempat aman

Carilah tempat parkir mobil yang ramai dan terang, sebelum parkir juga harus lihat kondisi tempat parkir, pilihlah tempat parkir yang ada penjagaannya.

Sebisa mungkin hindari tempat parkir yang gelap dan sepi. Bahkan jika perlu cari tempat parkir yang dilengkapi dengan pengawasan CCTV. 

3. Jangan meninggalkan barang berharga di mobil

Meninggalkan barang-barang berharga dapat mengundang kejahatan. Hindari meninggalkan barang seperti tas laptop atau ponsel di dalam kendaraan. Pelaku bisa saja nekat, seperti menghancurkan kaca mobil. Jika perlu meninggalkan barang berharga, simpan di bagasi atau tempat tersembunyi

4. Gunakan kunci ganda

Sebagai penambah keamanan, gunakan kunci tambahan seperti kunci stang, kunci roda, atau kunci pedal. Pilih kunci tambahan yang berkualitas. Dengan adanya kunci tambahan, mobil tetap pada tempatnya meskipun pencuri berhasil menyalakan mesin mobil.

5. Gunakan teknologi keamanan

Fitur canggih yang mengandalkan teknologi adalah salah satu upaya dalam mencegah terjadinya pencurian pada mobil.

Mobil hyundai sudah dilengkapi dengan fitur keamanan seperti Bluelink, jadi tidak perlu risau dalam hal keamanan. Oleh Karena itu penting memilih kendaraan yang sudah terintegrasi dengan teknologi. 

Aplikasi Bluelink hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan dalam keamanan berkendara. Melalui aplikasi ini, pemilik mobil bisa terbantu dan bisa mengecek informasi penting seputar mobilnya.

Aplikasi yang bisa di download melalui smartphone ini menyediakan fasilitas untuk terhubung dengan pusat panggilan Hyundai 7 x 24 jam jika terjadi keadaan darurat dan membutuhkan bantuan secara cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini