Sukses

Kontribusi 3 Tahun Komunitas Mobil Elektrik Percepat Adopsi EV di Indonesia

Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi) merayakan hari jadinya, ke-3 tahun. Sejak berdiri pada 21 Mei 2021 silam, perkumpulan pengguna kendaraan listrik ini, telah cukup berkontribusi untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Tanah Air

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi) merayakan hari jadinya, ke-3 tahun. Sejak berdiri pada 21 Mei 2021, perkumpulan pengguna kendaraan listrik ini, telah cukup berkontribusi untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Tanah Air.

Walaupun tergolong baru, namun komunitas ini cukup bergerak cepat, hingga saat ini jumlah anggotanya sudah melebih 200 orang secara nasional, dan lebih dari 90 persen berdomisili di Jabodetabek, termasuk Banten dan Bandung yang merupakan gabungan semua merek dan jenis mobil listrik.

Komunitas ini, menjadi perkumpulan pengguna kendaraan listrik pertama dan terbesar di Indonesia, yang anggotanya datang dari berbagai latar belakang di seluruh Indonesia.

Selain itu, Koleksi juga merupakan komunitas yang terdaftar resmi sebagai anggota Ikatan motor Indonesia (IMI) dan mendapatkan dukungan penuh sebagai perkumpulan para pengguna kendaraan listrik.

"Keberadaan Koleksi ini telah memberikan andil dalam percepatan adopsi EV di Tanah Air, yang didukung oleh program-program kerja yang dijalankan secara rutin di berbagai bidang meliputi hukum, teknologi, edukasi dan literasi, serta program lainnya yang melibatkan pihak pemerintah dan swasta,” ujar Ketua Umum Koleksi, Arwani Hidayat, dalam keterangan resmi, Senin (16/9/2024).

Komunitas ini, juga terus berkecimpung dengan semua pihak dan stakeholder untuk mendorong pelestarian lingkungan hidup dengan melakukan berbagai program, seperti edukasi penggunaan energi hijau dan bersih, dan juga pengelolaan sampah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Munas Koleksi

"Termasuk pada kesempatan ini, kami mengumpulkan sampah elektronik (e-waste) serta berbagai kegiatan yang sangat positif sesuai tema HUT Koleksi ke-3, yaitu Small Step, Big Impact," tukas Ketua Panitia Penyelenggara HUT ke-3 Koleksi, Emir Ferdian Notoprojo.

Sebagai informasi, perayaan HUT ke-3 Koleksi yang diadakan di Hotel Ibis Style, BSD, Tangerang ini juga bersamaan dengan Musyawarah Nasional (Munas) perdana dalam rangka pemilihan kepengurusan baru masa bakti 2024-2027.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini