Sukses

Performa Ciamik Yamaha NMax Turbo Tempuh 576 Km di Kalimantan Barat

Skuter matik (skutik) terbaru Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), NMax turbo memang diciptakan sebagai kendaraan untuk touring alias jarak jauh

Liputan6.com, Jakarta - Skuter matik (skutik) terbaru Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yamaha NMax Turbo memang diciptakan sebagai kendaraan untuk touring alias jarak jauh. Bagaimana tidak, saat digunakan untuk menjelajah bumi Kalimantan Barat, tepatnya dari Pontianak menuju Singkawang dan kembali lagi ke Pontianak, dengan jarak tempuh 576,3 kilometer, Liputan6.com benar-benar dimanja dengan performa pesaing dari Honda PCX ini.

Bertajuk touring NMax ToUR BOemi Nusantara Etape Kalimantan Barat, Yamaha NMax Turbo Ultimate yang kami gunakan benar-benar tidak ada kendala untuk melahap segala medan, baik di jalur perkotaan, pedesaan, jalur perbukitan dengan tanjakan dan turunan yang cukup tajam, serta kontur jalan yang mulus, bergelombang, ataupun rusak.

Dengan menggunakan S-Mode, Yamaha NMax Turbo ini memiliki performa yang cukup luar biasa dengan mesin secara otomatis naik 1.000 rpm.

Dengan begitu, tarikan terasa lebih enteng, dan ditambah dengan memanfaatkan Y-Shift, sehingga membuat performa mesin benar-benar cocok digunakan untuk berakselarasi, baik untuk menyalip kendaraan lain yang berada di depan, atau melewati tanjakan, serta mengejar rombongan.

Namun, ketika berkendara di jalur perkotaan, dengan trek yang tidak terlalu jauh, kami menggunakan T-Mode. Meskipun akselarasi di mode ini, tidak segahar saat menggunakan S-Mode namun untuk mengejar efisiensi bahan bakar, teknologi ini cukup membantu di jalur yang padat lalu lintas.

Sementara itu, fitur Y-Shift di Yamaha NMax Turbo ini bekerja untuk menaikan akselarasi kecepatan secara instan, dengan minimal 3.000 rpm untuk tingkatan low (1), kemudian masuk ke 7.000 rpm atau lebih untuk bisa memaksimalkan tingkatan medium (2) hingga high (3).

Dari segi mesin, Yamaha NMax Turbo ini mengandalakan mesin 155cc yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm / 6.500 Rpm.

Dalam perjalanan touring kali ini, kami mencoba berakselarasi dengan kecepatan tertinggi, dengan mencapai 115 km/jam. Namun, angka tersebut, kami capai dengan mempertimbangkan faktor keselamatan yang maksimal, dengan melaju di jalanan yang cukup sepi, dengan trek yang  lurus di daerah sekitar Singkawang menuju Sambas, Kalimantan Barat.

Selain itu, motor ini juga dibekali dengan fitur konektivitas, yaitu Y-Connect. Agar baterai smartphone pengendara dapat terus terisi selama perjalanan, Electric Power Outlet Type C juga telah tersedia pada kompartemen bagian kiri motor.

Selain fitur-fitur di atas, motor ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti Smart Key System, Stop & Start System hingga kapasitas bagasi yang besar untuk mengakomodir barang bawaan pengendara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turut Meramaikan Maxi Yamaha Day Kalimantan Barat 2024

Touring kali ini bisa dikatakan spesial, karena tidak hanya mendatangi tempat-tempat ikonik seperti Singkawang, Bengkayang dan Sambas, tetapi juga finish di Pantai Jawai untuk bergabung dengan event Maxi Yamaha Day Kalimantan Barat 2024.

"Dengan banyanya aktivitas MAXI yang digelar di wilayah Kalbar, diharapkan dapat memfasilitas konsumen pecinta skutik premium Yamaha untuk dapat terus berkumpul membangun loyalitas dan menyalurkan hobi berkendara mereka," ungkap Ardyanto, Direktur Sales PT Aneka Makmur, Main Dealer Yamaha di wilayah Kalimantan Barat.

Berbicara rute, untuk touring kali ini, rombongan memulai petualangannya pada hari pertama. Dari Kota Pontianak, peserta bergerak menuju Singkawang melewati jalur pesisir pantai Sungai Pinyuh dan membelah hutan di area Bengkayang.

Memasuki hari kedua, para peserta touring melanjutkan perjalanannya menuju Pantai Jawai yang menjadi Lokasi berlangsungnya event Maxi Yamaha Day 2024 wilayah Kalbar.

Untuk menuju pantai Jawai, peserta melakukan riding ke arah Kabupaten Sambas dan menyebrang menggunakan perahu Kayu untuk tiba di pantai tersebut.

Sebanyak lebih dari 500 biker Maxi Yamaha yang terdiri dari Lexi, Aerox, NMAX dan XMAX terlihat sukses meramaikan jalannya event Maxi Yamaha Day di sana.

Mereka tidak hanya riding dari berbagai kota di wilayah Kalbar, tetapi juga menikmati aktivitas camping serta games yang tersaji di sana.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.