Sukses

Serba-serbi Dua Tahun Wuling Air ev di Indonesia

Tercatat, selama dua tahun perjalanan Wuling Air ev di Indonesia, terhitung mulai Agustus 2022 hingga Agustus 2024, wholesale sales (penjualan dari pabrik ke dealer) mobil listrik ini mencapai 15.285 unit.

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan debut di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Wuling Air ev menjadi kendaraan elektrifikasi perdana Wuling Motors sekaligus pelopor mobil listrik dengan harga paling terjangkau di pasar otomotif nasional.

Desainnya yang ikonik, dimensi yang imut, serta banderol yang ramah di kantong membuat mobil listrik diproduksi lokal ini langsung mendapat respons positif.

Tercatat, selama dua tahun perjalanan Wuling Air ev, terhitung mulai Agustus 2022 hingga Agustus 2024, wholesale sales (penjualan dari pabrik ke dealer) mobil listrik ini mencapai 15.285 unit.

Bila dirinci, pada 2022 sebesar 8.053 unit, 2023 mencapai 5.575 unit, dan 2024 (Januari-Agustus 2024) sebanyak 1.657 unit.

Secara angka memang terjadi penurunan dari tahun ke tahunnya. Hal itu lantaran tren kendaraan listrik yang semakin berkembang dan Wuling sendiri saat ini sudah memiliki dua model tambahan, yakni BinguoEV dan Cloud EV, sehingga angka penjualannya pun menjadi terpecah.

Namun dengan jumlahnya yang mencapai 1.600an unit hingga bulan kedelapan di tahun ini, membuat Wuling Air ev masih menjadi model mobil listrik yang diminati di Indonesia.

Tak bisa di pungkiri, selain terbebas dari aturan ganjil genap, lalu adanya saat ini garansi komponen utama EV yang seumur hidup, hingga biaya kepemilikan dan perawatan yang murah, membuat banyak orang yakin untuk memiliki mobil listrik mungil ini. Klaim pabrikan, biaya perawatan berkala hingga 100 ribu kilometer hanya Rp 3,9 jutaan.

Tak cuma itu, Wuling Air ev juga dibekali dengan sederet fitur terkini, sebut saja Wuling Remote Control via IoV, Wuling Indonesian Command (WIND), hingga Safety Protection yang terdiri dari dual Airbags, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS, Rear Parking Sensor & Camera, Immobilizer, dan Anti Theft Alarm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Official Car Partner Acara Kenegaraan

Sistem pengisian baterainya pun mudah. Mobil listrik ini dapat dicas dimana saja tanpa ribet. Pasalnya, Wuling Air ev menganut sistem pengisian baterai dengan arus AC. Dengan begitu, pengisian bisa dilakukan dengan mudah di rumah melalui colokan atau stop kontak biasa.

Rumah dengan daya 2.200 W sudah memungkinkan untuk pengecasan mobil listrik ini. Dengan daya 6.600 W yang lebih besar, pengisian pun dapat dilakukan lebih cepat.

Untuk diketahui, Wuling Air ev menggunakan baterai Lithium Ferro-phosphate IP67 certified. Dipadukan dengan Single Reduction Gear Transmission, motor listrik Wuling Air ev dengan penggerak roda belakang sanggup menghasilkan daya 30 kW dengan torsi 110 Nm.

Dan sebagai catatan, selama dua tahun ini Wuling Air ev selalu menjadi bagian dari acara kenegaraan. Debut perdananya adalah menjadi Official Car Partner KTT G20 2022, lalu menjadi Official Partner ASEAN Labuan Bajo 2023, ASEAN Jakarta 2023 dan KTT AIS Forum 2023.

Terbaru di tahun ini Wuling Air ev juga menjadi Official Car Partner dalam World Water Forum 2024 di Bali.

Berikut daftar harga Wuling Air ev OTR Jakarta dan setelah insentif PPN:

Lite: Rp 190 jutaan

Standard Range: Rp 224 jutaan

Long-Range: Rp 275 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini