Sukses

BYD Luncurkan 4 Mobil Niaga Listrik Baru untuk Rencana Kuasai Pasar Eropa

BYD luncurkan kendaraan listrik baru model LCV. Deretan LCV tersebut di tampilkan di ajang pameran transportasi AAI.

Liputan6.com, Jakarta - BYD memperkenalkan jajaran kendaraan niaga ringan LCV (Light Commercial Vehicle) listrik baru pada ajang pameran transportasi IAA (Internationale Automobil-Ausstellung) di hannover. Berbagai kendaraan tersebut dirancang khusus untuk pasar eropa.

Adapun kendaraan listrik yang meluncur meliputi van besar BYD E-Valli, Traktor Yard EYT 2.0, Truk boks ETM6, dan Truk ETH8. 

Salah satu LCV anyar yang meluncur, BYD E-Valli direncanakan akan menjadi pesaing W e-Crafter, Renault Master E-Tech dan sejumlah van listrik buatan Stellantis (Fiat Ducato, Opel Movano, Citroen Jumpy, Peugeot Boxer, Toyota Pro-Ace). Deretan LCV yang diluncurkan sudah menggunakan paket baterai BYD blade terbaru.

LCV asal Tiongkok ini memiliki dua versi dalam hal dimensi, yaitu memiliki panjang 5.995 mm (236 inci) dan 6.995 mm (275,4 inci). untuk bobot muatan mobil ini berada di 700-1.450 kg dan volume kargonya antara 13,9-17,9 meter. 

LCV listrik dibekali dengan pilihan motor listrik AWD (All Wheel Drive) dan RWD (Rear-Wheel Drive). keduanya dipadukan dengan baterai BYD Blade 80,64 kWh. Untuk jarak tempuh, keduanya memiliki jangkauan maksimum bervariasi antara 220 -250 km. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Traktor Terminal dan Spesifikasinya

BYD E-Valli memiliki eksterior yang simpel, namun terlihat elegan dengan lampu LED Modern dan pelindung di sekeliling roda. selain itu di bagian dalamnya meliputi fitur kluster instrumen digital, layar sentuh infotainment, dan ADAS (Advanced Driver Assistance System). 

hadirnya BYD EYT 2.0 terlihat berbeda dengan traktor terminal pada umumnya. sebab, kendaraan ini full bertenaga listrik. selain itu juga traktor terminal biasanya dapat ditemukan di jalan umum. Namun, khusus untuk BYD EYT 2.0 hanya bisa ditemui di daerah pelabuhan, terminal bandara, dan pusat distribusi. 

Dari segi tenaga, baterai BYD blade memiliki kapasitas 216,7 kWh dengan daya tahan hingga 16 jam. Traktor ini sudah dilengkapi dengan pengisian daya yang cepat atau DC (Dirrect Current) sebesar 130 kW. Dalam waktu satu jam baterai dapat terisi 20-80 persen sehingga tidak memerlukan waktu lama jika traktor mati dalam keadaan baterai habis. 

selain itu, baterai BYD juga sangat cocok digunakan untuk trailer besar dan kontainer dengan kecepatan tertinggi 40 km/jam. Sebab, tenaga penggerak ini lumayan besar bisa menghasilkan daya hingga 349 hp (260 kW / 354 PS). 

3 dari 4 halaman

Jenis Truk dan Spesifikasinya

Selanjutnya truk listrik yang lebih umum, BYD ETM6. kendaraan ini memiliki bobot 7,5 ton yang dirancang untuk distribusi dalam kota. truk listrik ini memiliki sasis yang sudah terkonfigurasi dengan dimensi panjang 5.940 mm atau 7.635 mm. Beban muatan yang dapat dibawa mencapai 3.710 kg dan 3.640 kg. 

sama seperti LCV yang lainnya, BYD ETM6 menggunakan baterai BYD Blade sebesar 126 kWh untuk jangkauan hingga 200 km dengan muatan penuh.

terakhir, BYD ETH8 adalah truk seberat 19 ton yang berfungsi untuk layanan logistik dan sanitasi. truk ini memiliki sasis yang sudah terbentuk dengan dua pilihan jarak sumbu roda yaitu 7.930 mm atau 10.270 mm. 

sistem penggeraknya memiliki daya output maksimum yaitu 241 hp (180 kW atau 245 PS), dan kecepatan tertingginya hingga 90 km/jam. truck ini ditenagai baterai LiFePO4 berkapasitas 255 kWh dengan jangkauan 250 km/jam. truck asal tiongkok ini memiliki daya pengisian 20 - 100 persen dalam waktu dua jam. 

perlu diamati penyegaran dan penawaran fitur terbaru yang diberikan BYD bisa meningkatkan persaingan yang kompetitif di pasar LCV Eropa. 

4 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini