Sukses

Test Drive Singkat Bersama Neta X, Begini Hasilnya

PT NETA Auto Indonesia (Neta) menggelar media test drive keliling Jakarta menggunakan produk baru mereka, Neta X. Meski singkat dengan jarak tempuh hampir 50 kilometer, kami cukup bisa mengeksplorasi SUV listrik asal Tiongkok ini.

Liputan6.com, Jakarta - PT NETA Auto Indonesia (Neta) menggelar media test drive keliling Jakarta menggunakan produk baru mereka, Neta X. Meski singkat dengan jarak tempuh hampir 50 kilometer, kami cukup bisa mengeksplorasi SUV listrik asal Tiongkok ini.

Peter Zhang Managing Director NETA Auto Indonesia menyampaikan, kegiatan ini dihadirkan agar awak media dapat merasakan langsung performa serta fitur dari Electric Vehicle (EV) terbarunya secara nyaman dan menyenangkan.

"NETA X adalah bukti nyata dari dedikasi kami dalam menghadirkan inovasi dan teknologi terkini, untuk membuat segmen kendaraan listrik di Indonesia semakin bergairah," terangnya.

Dirinya pun optimistis NETA X bisa menjadi pilihan favorit bagi konsumen muda maupun keluarga di Indonesia dengan memadukan performa, kenyamanan dan fitur-fitur canggih dalam satu paket lengkap.

"Sesuai dengan tagline ‘Xperience Tech With EV’ yang kami berikan untuk SUV listrik cerdas ini," kata Peter Zhang.

Dari segi desain, Neta X terlihat gagah dan modern. Hal itu bisa dilihat dari garis-garis bodi yang tegas dan L-Shape LED DRL seperti mata robot. Mobil ini juga dilengkapi Full LED Headlights dengan Intelligent High Beam untuk membantu pencahayaan.

Pada bagian belakang, NETA X dilengkapi Continuous Tail light sehingga jelas terlihat di malam hari dan lebih futuristik, serta Electric Power Tailgate yang dapat membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis sehingga lebih praktis.

Neta X memiliki dimensi panjang 4.619 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.628 mm yang dipadukan wheelbase 2.770 mm. Sementara ground clearance-nya 156 mm. Neta juga mengklaim weight distribution mobil ini 50:50 sehingga mobil mudah dikendalikan.

Saat duduk di balik kemudi, mencari posisi duduk berkendara yang ideal juga mudah karena sudah menggunakan jok dengan pengaturan elektrik dan dilengkapi fitur tilt & telescopic steering.

Joknya pun model semi-bucket dengan head rest yang menyatu. Busa joknya pun cukup tebal dan terasa empuk. Disebutkan, 80 persen interior Neta X dilapisi bahan soft leather dan alcantara, sehingga membuat kabin terasa mewah dan nyaman.

Bahkan area yang memiliki frekuensi tinggi untuk tersentuh oleh pengemudi maupun penumpang, dilapisi dengan 100 persen bahan kulit lembut guna meningkatkan level kenyamanan berkendara.

Lalu bagaimana performanya? Neta X sendiri dibekali dengan tiga model berkendara, yakni Eco, Comfort, dan Sport. Seperti kendaraan listrik pada umumnya, Neta X pun menawarkan akselerasi yang instan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelengkapan Lainnya

Neta X memiliki output daya maksimum 120kW (175 hp) dan torsi 210 Nm. Di atas kertas, mobil ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 Km/h hanya dalam 9.5 detik dengan top speed 150 Km/h.

Sumber tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut berasal dari baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 63.56 kWh, sudah dilengkapi Liquid Cooling HEPT 4.0 dan bersertifikat IP68+ Sealing Grade sehingga aman melintasi genangan air.

Berdasarkan hasil pengetesan NEDC, Neta X sanggup menempuh jarak hingga 480 Km dengan baterai terisi penuh.

Sekadar informasi, dalam perjalanan singkat ini kami menempuh jarak 49,3 kilometer, dengan rute Kelapa Gading - Senayan - Bandara Soekarno-Hatta - PIK 2 dan Kembali ke dealer Neta Kelapa Gading sebagai titik start.

Tercatat konsumsi daya yang dicapai 19,2 kWh/100km dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Perlu diketahui, selama perjalanan kami mengkombinasikan seluruh mode berkendara yang ada dan berkendara secara normal.

Untuk diketahui, sistem baterai Neta X dibekali fitur Ultra Fast Charging hingga 105 kWh. Untuk mengisi daya dari 30 ke 80 persen dapat selesai dalam 30 menit.

Menariknya, port charging yang gunakan adalah model CCS2 (Combined Charging System 2) yang mudah ditemui di banyak SPKLU, baik regular maupun fast charging.

Sementara fitur-fitur yang dimiliki juga beragam, mulai dari Wireless Phone Charging, Intelligent Central Control Screen berukuran 15.6 inch yang tampilannya dapat diatur menjadi Split-screen Design, Floating D-shaped Steering Wheel, hingga fitur V2L (vehicle-to-load).

Terdapat pula Neta X juga mengadopsi fitur keselamatan Advanced Driving Assistance System (ADAS) lewat penyematan 11 High Precision sensor dengan fitur di antaranya Automatic Emergency Braking (AEB), Lane Changing Assist (LCA with BSD), Lane Departure Warning (LDW), serta Lane Keep Assist (LKA).

Selama perjalanan, bantingan suspense mobil ini juga cukup baik. Hal itu berkat penggunaan sistem suspensi independen MacPherson Strut di bagian depan dan Multi-link Rear Suspension di belakang turut.

Kombinasi ini memberikan kestabilan dalam bermanuver sehingga mobil lebih mudah dikendalikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini