Sukses

Parkir di Tanjakan Berisiko Merusak Mobil, Begini Cara Pencegahannya

Parkir mobil di tanjakan sudah menjadi situasi umum yang sering dialami oleh sebagian orang. Mobil yang di parkir bisa mengalami berbagai kejadian, salah satunya mobil menggelinding. Dibutuhkan teknik khusus bagi pengendara yang ingin mobilnya parkir di tanjakan.

Liputan6.com, Jakarta - Parkir di tanjakan sudah menjadi situasi umum yang banyak dialami oleh pengemudi kendaraan, terlebih kendaraan mobil. Apalagi ketika berkunjung ke daerah dataran tinggi dan sulit menemukan lahan parkir yang datar.

Lalu apakah hal itu dapat berakibat buruk pada mobil Anda? parkir di tanjakan tidak serta merta merusak kendaraan Anda jika melakukan tindakan yang tepat. 

Anda tidak perlu khawatir jika mobil Anda parkir di tanjakan. Sebab komponen mobil seperti rem tangan sudah dirancang untuk menghadapi situasi-situasi tertentu, salah salah satunya parkir di tanjakan. 

Salah satu cara yang perlu diperhatikan adalah selalu memutar roda dengan keadaan yang tepat dan benar. Misalnya, ketika mobil parkir di tanjakan dan menghadap ke atas, putar roda menjauhi trotoar. Karena ketika mobil bergerak mundur akan menabrak trotoar dan menahannya. Hal ini menghindari mobil merosot ke bawah. 

Sedangkan ketika mobil di parkir menghadap ke bawah, putar roda ke arah trotoar. Hal ini membuat mobil akan tertahan trotoar dan tidak langsung meluncur ke bawah. Langkah-langkah sederhana ini dapat memitigasi kejadian yang tidak diinginkan. Berjaga-jaga, pastikan rem parkir atau rem tangan tetap berfungsi dengan baik dan aman.  

Tak hanya soal langkah yang harus dilakukan, pengemudi juga harus menyadari potensi implikasi hukum dan asuransi. Misalnya jika mobil anda terguling pada saat parkir di tanjakan atau rem anda blong, Anda harus bertanggung jawab atas segala kerusakan. Teknik parkir di tanjakan yang tepat bukan hanya tentang keselamatan tetapi juga tentang menghindari masalah hukum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiat-kiat Parkir Mobil di Tanjakan untuk Menjaga Keselamatan Pengemudi

Kendaraan yang parkir di tanjakan dapat memberikan tekanan tambahan pada beberapa komponen seperti rem tangan dan transmisi. Jika hal ini sering dilakukan maka akan menyebabkan kerusakan jangka panjang apabila tidak ditangani dengan benar. Memahami risiko ini sangat penting untuk menjaga keawetan mobil Anda. Berikut kiat-kiat detail yang harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan pada saat parkir di tanjakan. 

1. Pahami Tekanan pada Rem Kendaraan

Rem tangan atau rem parkir memang didesain untuk menahan mobil agar tidak bergerak. Tetapi ketika mobil parkir di tanjakan, rem akan bekerja lebih keras dari biasanya. Tekanan konstan yang diberikan dapat menyebabkan rem mengalami keausan dini, sehingga seiringnya waktu efektivitas rem akan dapat berkurang. Mengaktifkan rem parkir dengan benar sangatlah penting. Selalu tarik tuas dengan kuat untuk memastikannya terkunci pada tempatnya.

Demi keamanan tambahan, parkir kendaraan dengan posisi yang tepat dan benar. Seperti langkah yang sudah berikan, jika mobil di parkir menghadap ke atas jauhi trotoar dan jika menghadap ke bawah dekatkan dengan trotoar. Teknik ini dapat mengurangi tekanan pada rem kendaraan. Lalu yang tidak kalah penting adalah melakukan perawatan pada rem kendaraan, pastikan rem berfungsi dengan baik. Hal ini dapat mengurangi resiko kecelakaan dan menjamin keselamatan Anda. 

2. Risiko Kerusakan Transmisi jika Parkir di Tanjakan

Bukan hanya rem tangan yang perlu diperhatikan, bagian transmisi juga penting. Transmisi dapat memiliki risiko jika mobil parkir di tanjakan, terutama pada transmisi otomatis. Ada suatu bagian yang disebut parking pawl, fungsinya adalah untuk menahan mobil. Jika parkir di tanjakan tanpa bantuan rem, maka akan menambah tekanan dan bisa merusak bagian parking pawl. 

Selalu aktifkan rem parkir sebelum memindahkan gigi ke posisi parkir. Ini memastikan beban ditopang oleh rem, bukan transmisi. Pada mobil manual, gunakan gigi yang sesuai saat parkir, gigi pertama saat menanjak dan gigi mundur saat menurun. Jika hanya mengandalkan transmisi, mobil bisa rusak dalam jangka panjang, dan biaya perbaikannya bisa mahal, terutama jika tuas parkir rusak.

3. Penerapan Pengganjal Roda untuk Menambah Keamanan

Penggunaan ganjalan pada roda bisa menjadi alternatif tambahan dan dapat meningkatkan keselamatan secara signifikan saat parkir di tanjakan. Ganjal roda adalah ganjal yang dipasang pada ban untuk mencegah pergerakan, yang berfungsi sebagai penghalang fisik agar kendaraan tidak menggelinding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.