Sukses

SGMW Perkenalkan SUV Listrik Terbaru Baojun Yunhai, Harganya Rp 234 juta

SGMW meluncurkan SUV terbaru, Baojun Yunhai dengan tersedia dua versi yaitu PHEV dan BEV. Mobil yang sudah memasuki pasar di Tiongkok ini di banderol mulai harga Rp 234 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan patungan SGMW meluncurkan produk terbarunya, yaitu SUV Baojun Yunhai. Mobil ini tersedia dalam dua versi, yaitu PHEV dan BEV dengan harga mulai Rp 234 juta. Diperkenalkan pada 10 September, mobil ini sudah memasuki pasar di Tiongkok.

Perusahaan ini dibangun melalui kerja sama antara SAIC, GM, dan Wuling, yang sudah lama berdiri sejak 1982. Perusahaan itu mengalami perkembangan pesat dan baru-baru ini mengeluarkan produk SUV kompak yang dirancang khusus untuk keluarga.

Pada tampilan eksterior, Baojun Yunhai menggunakan desain baru yang belum pernah dipakai sebelumnya. Bagian depannya menggunakan lampu depan berbentuk segitiga dan sudah terintegrasi dengan DRL (Daytime Running Light), membuatnya mirip seperti mobil Porsche.

SUV ini juga memiliki desain grill seperti trapesium. Baojun Yunhai memiliki kap mesin yang miring dan gagang pintu yang sama dengan mobil konvensional. Garis atapnya sedikit melengkung mengikuti pilar B. Bagian belakang mobil memiliki spoiler atas yang cukup besar, ditambah lampu belakang berbentuk palang.

Secara ukuran, mobil ini memiliki panjang 4,5 m, lebar 1,8 m, dan tinggi 1,6 m dengan jarak sumbu roda 2,7 m. Sekilas, mobil ini memiliki dimensi sedikit lebih panjang dari Hyundai Tucson versi Eropa. Selain itu, Yunhai juga sudah menggunakan roda R18.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi dan Harga Baojun Yunha

Bagian interior, Baojun Yunhai memiliki monitor utama yang digantung dengan diameter 15,6 inci. Tuas persneling dan kluster instrumen LCD 8,8 inci berada di belakang setir kemudi dengan dua jari-jari. Bagian tengah mobil memiliki dua tempat pengisian daya nirkabel dan sepasang tempat untuk menaruh gelas.

Dibanding BEV, varian PHEV bisa jadi pilihan yang lebih terjangkau. Mobil ini dilengkapi mesin bensin 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 78 kW (105 hp) dan dipadukan dengan motor listrik yang berdaya 150 kW (201 hp).

Ada dua pilihan baterai untuk Yunhai PHEV, satu dengan kapasitas 9,5 kWh untuk jarak tempuh listrik sejauh 60 km, dan satu lagi dengan kapasitas 20,5 kWh untuk jarak tempuh listrik sejauh 140 km.

Sementara Baojun Yunhai berjenis BEV memiliki harga yang lebih mahal. Kedua varian sudah memiliki motor listrik dengan daya yang sama, yaitu 150 kW. Untuk BEV terdapat pilihan daya baterai, yakni 56,7 kWh dan 69,2 Wh. Jangkauan listriknya bisa mencapai 500 hingga 600 km dengan standar pengujian CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle).

Baojun Yunhai tersedia dalam empat pilihan trim, dan perbedaan utama ada pada sistem penggeraknya:

  • Baojun Yunhai PHEV 60 km – sekitar Rp 230 juta
  • Baojun Yunhai PHEV 140 km – sekitar Rp 259 juta
  • Baojun Yunhai BEV 500 km – sekitar Rp 259 juta
  • Baojun Yunhai BEV 600 km – sekitar Rp 280 juta

Rencana SAIC akan menjual model Baojun di luar negeri dengan merek MG (Morris Garages). Contohnya, Baojun Cloud (Yunduo) dikenal sebagai MG Windsor EV. Jadi, kemungkinan Baojun Yunhai juga akan diperkenalkan secara global sebagai bagian dari merek MG. Sebagai informasi, MG sudah diakuisisi oleh SAIC sejak 2005. Perusahaan yang berasal dari Inggris itu kini berada di bawah kepemilikan SAIC.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.