Sukses

Hyundai-Kia dan Samsung Kolaborasi Bikin SmartThings, Bisa Lacak Mobil Pakai Ponsel

Hyundai Kia dan Samsung Kolaborasi ciptakan teknologi canggih, SmartThings. Kini, perusahan itu membagikan detail dari fitur SmartThings.

Liputan6.com, Jakarta - Pada awal 2024, Samsung telah mengumumkan kerja sama dengan Hyundai dan Kia terkait ekosistem SmarTthings. Terkini, perusahaan itu membagikan detail lebih lanjut terkait SmartThings. Kedepannya, mobil Hyundai dan Kia akan dilengkapi dengan sistem infotainment yang menawarkan kontrol teknologi lebih canggih melalui aplikasi SmartThings bawaan, dan pemilik ponsel Samsung akan menikmati banyak fitur menarik.

Salah satu fitur terbaik Smartthings adalah fungsi Find. Jika pelacakan mobil tidak dapat berfungsi dengan baik, pemilik mobil bisa menemukan lokasi mobil melalui ponsel Samsung Galaxy. Teknologi smartthings ini memanfaatkan data mesh Bluetooth LE dari jutaan ponsel samsung, yang dapat membantu pemilik kendaraan menemukan mobil yang hilang atau dicuri. 

Lewat kolaborasi tersebut, fitur canggih SmartThings bisa menjadi solusi rumah pintar, yang  diharapkan mampu menghadirkan pengalaman "Home-to-Car" maupun sebaliknya di mobil-mobil yang nantinya terhubung dengan layanan tersebut.

Kecanggihan dari teknologi SmartThings nantinya dapat mengontrol peralatan rumah tangga dari jarak jauh. selain itu, pemilik kendaraan bisa menyematkan fitur tertentu pada quick panel di ponsel galaxy, seperti mengatur ac mobil dan memantau status baterai kendaraan listrik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana dan Pengembangan Fitur SmartThings

Ketiga perusahaan itu dikabarkan tengah mengembangkan fitur pelacakan kesehatan dengan menggunakan kamera dan sensor di dalam mobil, serta melakukan pengontrolan suhu untuk hewan peliharaan di dalam mobil. 

Saat ini fitur-fitur yang direncanakan masih dalam tahap pengembangan. Terbaru, perusahaan itu merilis detail dari fitur infotainment yang sudah terintegrasi dengan ponsel Samsung Galaxy. Rencana teknologi itu akan diterapkan untuk mobil-mobil hyundai dan kia di masa mendatang. 

Sebelumnya Hyundai dan Kia mengumumkan rencana untuk bersama-sama mengeksplorasi platform SDV generasi berikutnya.

Disitat dari Antara, menurut siaran Motor Authority, kendaraan berbasis perangkat lunak atau SDV (software-defined vehicles) yakni kendaraan yang perangkat lunak dan perangkat kerasnya memungkinkannya diperbarui melalui cloud, artinya berpotensi diperbarui seumur hidupnya.

Perusahaan itu menyampaikan bahwa sistem infotainment baru akan diluncurkan tahun 2026, tetapi tidak menyebutkan apa kendaraan pertama yang akan menggunakannya. 

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini