Sukses

PLN EV Conversion Race 2024, Ajang Unjuk Kualitas dan Ketahanan Motor Listrik Hasil Konversi 

Putaran pertama PLN EV Conversion Race 2024 telah dimulai di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/9/2024)

Liputan6.com, Jakarta Putaran pertama PLN EV Conversion Race 2024 telah dimulai di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat, Minggu 22 September 2024. Balap motor listrik konversi pertama di dunia yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM bekerja sama dengan PLN dengan AISMOLI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia) diikuti 20 pembalap EV Race (Perorangan) dan 30 Pembalap EV Race Endurance. 

Para pembalap nasional dan juara nasional saling berkompetisi dan unjuk kemampuannya menggunakan motor listrik hasil konversi dari 9 perusahaan, Instansi dan bengkel konversi seperti BBSP KEBTKE KESDM, Braja Elektrik, Dharma Group, Hardy motor, Mitra Metal Perkasa, Kems Brother, Dan's Motor, Merry Racing dan Rms Project.

PLN EV Conversion Race 2024 dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana didampingi Dirjen EBTKE ESDM, Eniya Listiani Dewi, Direktur Ritel dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyant serta Ketua Umum AISMOLI, Budi Setiyadi, untuk memperebutkan Piala Bergilir dari Kementerian ESDM dan hadiah total Rp222 Juta.

PLN EV Conversion Race 2024, tidak hanya menjadi media unjuk kualitas dan ketahanan sepeda motor listrik hasil konversi, tetapi juga ajang olahraga otomotif yang sehat karena bebas polusi emisi CO2 dan polusi suara. Dalam sambutannya, Sekjen Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan bahwa KESDM memiliki dua prioritas Utama, meningkatkan ketahanan energi dan menurunkan emisi.

"Keduanya harus dilakukan sekaligus. Kegiatan yang kita lakukan sekarang (PLN EV Conversion Race 2024) adalah kombinasi dari hal tersebut (meningkatkan ketahanan energi dan menurunkan emisi). Listriknya dari pembangkit di dalam negeri. Dengan menggunakan motor listrik, emisinya bisa berkurang," kata Dadan Kusdiana.

Dadan Kusdiana memberikan gambaran bahwa dari penggunaan motor listrik bisa mengurangi emisi sampai 40 persen.

"Saya kasih contoh seperti ini, satu liter motor bensin bisa berjalan sekitar 35 KM, itu mengeluarkan emisi sekitar 2,5 Kg CO2. 1 Kwh listrik itu bisa dipakai dengan motor listrik sama bisa 35 KM tapi emisinya (turun) 40 persen. Jadi, kita bisa menghemat emisi 1,9 Kg CO2 untuk setiap liter dari BBM yang kita pergunakan," kata Dadan.

Direktur Ritel dan Niaga PLN Edi Srimulyanti, mengungkapkan PLN terus berkomitmen mendukung pemerintah mencapai Net Zero Emission. Salah satunya melalui dukungan penyelenggaraan balap motor listrik PLN EV Conversion Race 2024.

"Sesuai dengan visi pemerintah ke depan yang ingin mencapai Net Zero Emission tentunya ini (PLN EV Conversion Race 2024)  menjadi salah satu bagian bagaimana mengurangi energi fosil menuju kepada energi bersih atau EBT, itu yang akan dituju," kata Edi Srimulyanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

20 SMK Berkompetisi Konversi Motor Listrik

Dalam event PLN EV Conversion Race 2024, 20 SMK yang berasal dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, hingga Bandung, turut berkompetisi melakukan konversi motor listrik secara live. Mereka diberi waktu selama enam jam untuk mengonversi motor bebek maupun matic menjadi motor listrik.

Dirjen EBTKE ESDM, Eniya Listiani Dewi mengharapkan kompetisi live konversi dapat menumbuhkan minat dan kemampuan sekolah-sekolah kejuruan dalam melakukan konversi sepeda motor menjadi listrik sehingga dapat menjadi mitra bengkel-bengkel konversi dalam meningkatkan jumlah sepeda motor konversi di Indonesia. 

"Kami ingin menggairahkan bengkel-bengkel yang ada di seluruh tanah air, dimana pada sebulan yang lalu Kementerian ESDM telah meresmikan 1000 konversi gratis. Alhamdulillah sudah bergulir, mudah-mudahan ini menjadi satu pemicu dari peserta, SMK, bengkel, untuk bisa meningkatkan skill melakukan konversi kendaraan bermotor roda dua secara tepat, akurat, dan cepat," kata Eniya.

PLN EV Conversion Race 2024 memberikan program gratis konversi sejumlah 1,000-unit yang dibagi menjadi 2 tahap dengan target 500-unit setiap tahapnya.

"Tolong disebarkan informasi bahwa KESDM juga menggelar dan membantu konversi ini bisa secara gratis di seluruh Tanah Air," tambah Eniya.

Dadan meyakini dengan melakukan konversi motor listrik secara bertahap tidak hanya menurunkan konsumsi BBM yang sebagian masih impor tetapi juga mendorong tumbuhnya industri dalam negeri.

"Kami di KESDM telah mengembangkan industri untuk menyediakan komponennya. Di saat yang sama, kami juga mendorong tumbuhnya bengkel. Terima kasih pada PLN atas dukungannya dan ASMOLI atas inisiatif dan kerja kerasnya," kata Dadan.

AISMOLI yakin konversi sepeda motor listrik akan menjadi solusi yang bermanfaat dan berkontribusi besar terhadap pencapaian target pemerintah mengurangi emisi karbon sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam dokumen NDC (Nationally Determined Contribution).

"Terima kasih kepada Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero) yang memberikan dukungan kepada AISMOLI untuk bisa berperan dalam rangka percepatan penggunaan sepeda motor listrik kepada masyarakat Indonesia," kata Budi Setiyadi.

Budi Setiyadi optimis kegiatan PLN EV Conversion Race 2024 dapat membuka banyak perspektif positif terhadap keandalan dan ketahanan sepeda motor listrik hasil konversi dan menumbuhkan peluang bisnis pada bengkel-bengkel sepeda motor konvensional saat ini serta membentuk semangat entrepreneurship pada Sekolah Kejuruan di Indonesia.

"PLN EV Conversion Race 2024 menjadi momentum baik bagi kita semua untuk melihat kemampuan motor listrik hasil konversi dan sudah saatnya Indonesia menggunakan sepeda motor listrik. Kita bangga Indonesia dan kita bangga menggunakan sepeda motor listrik," ujarnya.

3 dari 3 halaman

PLN EV Conversion Race 2024 Berlangsung Dua Putaran

PLN EV Conversion Race 2024 berlangsung sebanyak dua putaran yaitu pada Minggu 22 September 2024 dan 13 Oktober 2024. Balap sepeda motor listrik konversi ini telah mengadopsi peraturan teknis balap sepeda motor listrik sesuai dengan regulasi Ikatan Motor Indonesia (IMI). Pada kategori EV Konversi Race, balapan berlangsung sebanyak 12 putaran. Sedangkan balapan EV Konversi Endurance Race yang menguji ketahanan motor konversi berlangsung selama 2 jam. Serta EV Race Scooter 2 kW.

Gelaran PLN EV Conversion Race 2024 mendapat sambutan positif dari para kontestan. Juara Pertama EV Conversion Race, Ahmad Saugi menyambut gembira ajang PLN EV Conversion Race 2024. Jadi pengalaman pertama dan berhasil keluar sebagai juara.

"Ini kali pertama saya balap motor listrik (hasil konversi) di Indonesia. Pertama, kita harus lebih sabar, balapnya lebih sabar, temponya sama saja karena motor merata, tinggal setting dari mekanik kita," ucap Axogy.

Lebih lanjut, optimis tren motor listrik hasil konversi dapat berkembang karena memiliki banyak manfaat. "Optimis banget karena mengurangi polusi. Makin ke sini zaman makin modern, jadi kita harus lebih berkembang, jangan sampai kalah sama negara eropa lainnya," ujarnya.

Daftar Pemenang PLN EV Conversion Race 2024 di Setiap Kategori:

Kategori EV Conversion Race

1. Ahmad Saugi dari RMS Project 101 Power Ride by BRT

2. M. Nurgianto dari Arjuna BBSP KEBTKE KESDM

3. Asep Kurnia dari MMP Racing Team 

Kategori EV Conversion Endurance Race 

1. M. Firza dan Krisnandito Susanto dari F Balank Kingland

2. M. Nurgianto dan Febrianus Balank dari F Balank Kingland Feat Tia Racing Team

3. Alam SP dan Jonathan dari BJM 129

Kategori EV Live Conversion

1. SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta

2. SMK Negeri 2 Bekasi 

3. SMK Taman Siswa Rancaekek, Kabupaten Bandung

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini