Sukses

CATL Luncurkan Baterai Raksasa 600 kWh, Bisa Jangkau 2,8 Juta KM

Perusahaan CATL meluncurkan baterai terbarunya yakni seri Tecrtans yang dipamerkan di ajang IAA. Baterai ini memiliki kapasitas super besar yaitu 600 kWh, sangat cocok untuk kendaraan truk listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan CATL (Contemporary Amperex Technology Co. Limited) meluncurkan baterai terbarunya yakni seri Tecrtans yang dipamerkan di ajang Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) di Hannover, Jerman.

Baterai ini memiliki kapasitas yang super besar yaitu 600 kWh, dapat memberikan jangkauan optimal untuk truk listrik.  

CATL menawarkan tiga jenis baterai pada seri Tectran yaitu Tectrans–T, Tectrans–L dan Tectrans–B. Untuk Tectrans–T terdapat dua pilihan, pertama versi Long Life Edition, dengan menawarkan masa pakai yang cukup mengesankan yakni 2,8 Juta km dan garansi 15 tahun.

Baterai ini juga dibekali sistem penggantian baterai yang membantu mengurangi waktu truk berhenti dan meningkatkan efisiensi operasional.

Versi kedua, Super Fast Charging Edition. Versi ini menawarkan fitur pengisian cepat 4C, yang dapat diisi hingga 70 persen dalam 15 menit.

Baterai tersebut memiliki masa pakai yang lebih pendek yaitu 1,2 juta km. Baterai Super Fast Charging ini sangat efektif untuk truk jarak jauh karena membutuhkan pengisian cepat agar tidak memakan banyak waktu.

Kedua edisi Tectrans–T menawarkan jarak tempuh 500 km. CATL mengklaim baterainya telah melewati proses pengujian yang ketat.

Dikutip dari Arenaev, Sabtu (28/9/2024), menurut Kepala Teknisi CATL Overseas Business, Aleksej Krukov, baterai ini telah melalui pengujian ketat dan menetapkan standar baru untuk ketahanan baterai truk berat.

"Produk ini menetapkan tolak ukur baru untuk ketahanan baterai truk berat," klaim Aleksej Krukov. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapasitas dan Jangkauan Baterai Seri Tectrans

CATL bukanlah nama baru di kancah global. Perusahaan itu sudah menjalin kemitraan dengan perusahaan besar, seperti Daimler Truck AG, Volkswagen Commercial Vehicles, dan Volvo A/B. Peluncuran baterai seri Tectrans memiliki segmen dan kapasitasnya masing-masing.

Pertama, Tectrans–T yang dirancang untuk truk-truk muatan besar. Baterai ini jadi perhatian utama di pameran IAA karena ukuran dan kapasitasnya yang besar.

Selanjutnya, Baterai Tectrans–L ditujukan untuk kendaraan listrik yang lebih ringan. Kapasitas baterai ini antara 30 hingga 200 kWh dengan menjangkau antara 150 km dan 500 km.

Terakhir, baterai Tectrans–B biasanya digunakan untuk bus listrik. Baterai ini menawarkan dua pilihan dengan kapasitas baterai yang sama yaitu sebesar 175 kWh, namun keduanya memiliki jangkauan dan garansi berbeda.

Pertama, jangkauan mencapai 1.5 juta km dengan garansi 15 tahun dan kedua jangkauan 1 Juta km dengan garansi 10 tahun. 

Ketiga, baterai Tectrans menggunakan teknologi CTP (cell to pack) 3.0, yang menjamin kinerja dan efisiensi berjalan optimal.

Meski harganya belum diumumkan, baterai Tectrans dipastikan akan berdampak besar pada pasar kendaraan listrik. Sebab, dengan keunggulan seperti jangkauan yang luas, kemampuan pengisian cepat, dan masa pakai yang lebih lama, baterai CATL bisa menjadi pendorong utama dalam mempercepat transisi dari truk konvensional ke truk listrik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini