Sukses

BYD Recall 100 Ribu Kendaraan karena Berpotensi Kebakaran

BYD melakukan penarikan kembali pada hampir 100.000 kendaraan di Tiongkok. Tindakan itu dilakukan karena mobil tersebut berisiko mengalami kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - BYD mulai menarik kembali atau recall hampir 100.000 kendaraan di Tiongkok karena berpotensi membahayakan konsumen. Hal itu diungkapkan State Administration for Market Regulation (SAMR) Tiongkok, bahwa produsen mobil tersebut akan menarik kembali 96.714 kendaraan pada Senin (30/9/2024). 

Adapun kendaraan yang terdampak adalah model Dolphin dan Yuan Plus karena dianggap dapat berisiko terbakar.  BYD telah mengajukan penarikan kembali untuk dua model tersebut ke pusat penarikan produk cacat SAMR pada hari ini. Rencana BYD akan melakukan operasi untuk menarik dua entitas cacat produk tersebut. 

Adapun perusahaan BYD yang mengalami recall pada kendaraan di Tiongkok, yaitu BYD Industri Otomotif Co., Ltd dan BYD Auto Co., Ltd. Dua perusahan tersebut adalah anak perusahaan dari BYD Company Limited. Perusahaan BYD Industri Otomotif lebih banyak terkena penarikan daripada BYD Auto. 

BYD Industri Otomotif Co., Ltd akan melakukan penarikan pada BYD Dolphin dan Yuan Plus sebanyak 87.762 unit kendaraan listrik yang diproduksi rentang 4 Februari 2023 hingga 26 Desember 2023.

Sedangkan BYD Auto Co., Ltd akan menarik kendaraan sebanyak  8.952 unit untuk BYD Yuan Plus yang diproduksi antara 2 November 2022 hingga 19 Juni 2023. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kendaraan BYD Recall Karena Berisiko Kebakaran, Ternyata ini Penyebabnya

Recall ini ditargetkan dapat menjangkau semua kendaraan yang mengalami cacat produk, karena kendaraan tersebut mengalami kerusakan pada Column Electric Power Steering System (CEPS) atau bagian yang mengatur sistem setir kemudi dengan menggunakan daya listrik.

Hal itu dapat mengganggu kapasitor dan berpotensi mengalami keretakan mikro. Retakan ini dapat menimbulkan panas berlebihan, korsleting bahkan kemungkinan terburuk bisa menyebabkan kebakaran. 

Rencana diler BYD di Tiongkok akan memasangkan bantalan insulasi pada kontroler secara gratis untuk mencegah risiko terjadi kebakaran.  

Bagi pelanggan yang kendaraannya terkena penarikan akan dikirimkan pesan melalui Email, WeChat dan panggilan seluler. Selain itu, BYD juga telah menyiapkan layanan telepon bagi pelanggan yang ingin menghubungi jika kendaraanya terdampak penarikan.  

 

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini