Sukses

Toyota Boyong Tiga Line-up Mobil di Pameran IMX 2024, Apa Saja?

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memboyong tiga line-up mobil pada gelaran IMX 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam meramaikan gelaran IMX 2024, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memboyong sejumlah mobil seperti Hilux Rangga Towing Car, New Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 with Toyota Customization Option (TCO), dan All New Agya Race Car. 

Acara pameran IMX 2024 sendiri berada di di Hall 9 ICE BSD City, Tangerang. Pelaksanaanya berlangsung dari 4 hingga 6 Oktober 2024. 

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan hadirnya TAM di IMX merupakan bentuk komitmen untuk mendukung industri modifikasi di Indonesia. 

Dirinya menegaskan TAM turut berperan aktif dalam meningkatkan industri aftermarket melalui kolaborasi dengan sejumlah industri. 

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) berkomitmen penuh dalam mendukung industri modifikasi dengan berpartisipasi di gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2024. Toyota menegaskan support dan kolaborasi bersama body builder dan modifikator lokal lewat lineup kendaraan yang dipamerkan untuk meningkatkan peran aktif kami di industri modifikasi nasional. Langkah ini sejalan visi Pemerintah Indonesia yang ingin memperluas partisipasi pelaku usaha di sektor otomotif supaya ekonomi terus tumbuh,” ucap Anton Jimmi Suwandy.

Dengan mengusung tema Road to The World, Toyota membawa 3 line-up pada pameran IMX 2024 yang diselenggarakan oleh NMAA (National Modificator and Aftermarket Association). 

Di IMX 2024, para pengunjung bisa mencoba Gacha Machines dengan tema anime GR-Verse. Mereka dapat menjawab kuis untuk mendapatkan hadiah berupa merchandise GR.

Selain itu, pengunjung berkesempatan untuk melakukan test drive mobil New GR86, salah satu sports car favorit para penggemar GR, serta Hilux Rangga Flatdeck.

“Toyota memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan dunia balap dan modifikasi kendaraan di Indonesia. Selain jajaran GR Family yang semakin lengkap, keberadaan GR Garage memberikan solusi meningkatkan penampilan dan performance kendaraan Toyota. Selain itu, hasil konversi Hilux Rangga tidak hanya menjanjikan dukungan atas berbagai kegiatan usaha, tetapi yang terpenting adalah menggerakkan roda perekonomian khususnya di sektor otomotif,” tutup Marketing Director TAM.

2 dari 4 halaman

Penampilan Perdana Hilux Rangga Towing Car

Dalam acara IMX 2024, PT TAM memperkenalkan Hilux Rangga Towing Car yang menjadi salah satu dari 3 line-up yang diboyongnya. Hilux ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dengan body builder. 

Desain Hilux Rangga ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para penggemar yang ingin membawa perlengkapan seperti sepeda motor dengan cara yang mudah, aman, nyaman, dan tetap terlihat stylish di jalan.

Salah satu daya tarik utama dari Hilux Rangga adalah kemampuannya untuk berfungsi dalam berbagai macam kebutuhan. Mobil ini dapat disesuaikan untuk berbagai kegiatan, baik untuk keperluan bisnis, layanan sosial, maupun gaya hidup. 

Toyota bekerja sama dengan body builder lokal yang memiliki pengalaman dan inovasi untuk menciptakan Hilux Rangga dengan modifikasi yang memiliki utilitas tinggi dan sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Kemudahan dalam mengkonversi Hilux Rangga menjadi berbagai jenis kendaraan niaga multifungsi ini juga membuka peluang usaha baru bagi body builder. 

Inisiatif ini sejalan dengan misi Toyota untuk memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap mobilitas usaha masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

3 dari 4 halaman

New Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 dengan TCO

New Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 yang baru diluncurkan bulan lalu, turut dipamerkan di acara IMX 2024. Kendaraan ini mengusung konsep GAZOO Racing, yang memadukan gaya sporty dan elegan. 

Medium SUV ini merupakan mobil yang telah dikustomisasi oleh Toyota dengan tambahan aksesoris yang disebut Toyota Customization Option (TCO).

TCO pada New Fortuner menawarkan berbagai peningkatan baik dari segi penampilan maupun fitur, bahkan bagian eksterior maupun interior ikut meningkat. 

Beberapa aksesori yang tersedia antara lain New Door Handle & Housing Protector, Mirror Cover, Air Purifier, Spare Tire Cover, Premium Horn, dan Cargo Net. 

Aksesori ini bisa dibeli secara terpisah untuk setiap bagian atau juga tersedia dalam paket bundling. Ada enam jenis paket yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 9 juta. Semua aksesori ini dilengkapi dengan garansi resmi dari Toyota.

New Fortuner juga dilengkapi dengan Monotube Suspension yang telah disesuaikan oleh GR, untuk meningkatkan pengendalian mobil sehingga lebih stabil. 

Bagian performa ini juga meningkatkan kenyamanan saat digunakan di jalan raya maupun medan off-road. 

Untuk memperkuat identitas GR Family, mobil ini dilengkapi dengan Red Brake Caliper yang memberikan daya pengereman yang lebih baik dan menjamin keamanan saat berkendara.

4 dari 4 halaman

All New Agya Race Car

Kolaborasi di IMX 2024 tidak hanya melibatkan body builder, tetapi juga melibatkan GR Garage yang berperan dalam mengubah tampilan dan performa All New Agya agar dapat bersaing di sirkuit.

 Hasil dari kerja sama ini adalah sebuah mobil balap yang siap berlaga di Indonesian Touring Car Championship (ITCR) 1.200.

GR Garage bertugas untuk merombak dan menyediakan komponen balap. Proses dimulai dengan membongkar Sporty Hatchback ini sepenuhnya, kemudian memasang berbagai komponen balap, seperti shock absorber, velg racing, bucket seat, steering wheel, 6-points harness, aero cover, dan rem cakram beserta kit kampas rem.

Selain itu, GR Garage juga menambahkan komponen balap dari pihak lain, termasuk exhaust parts, roll bar, data logger, cut off engine, oil cooler, air filter, serta alat pemadam api ringan. 

Untuk memberikan tampilan balap yang lebih menarik, mereka juga menerapkan desain livery baru GR di seluruh body mobil. 

Para insinyur di GR Garage melakukan remapping ECU (Engine Control Unit ) pada mesin yang telah dimodifikasi untuk meningkatkan performanya.

Seluruh komponen yang digunakan pada All New Agya Race Car ini dapat ditemukan di GR Garage dan bisa diterapkan pada mobil pelanggan lainnya.