Sukses

Resmi Bergulir, Kustomfest 2024 Sentil Plagiator

Memasuki tahun penyelenggaraan ke-13, Kustomfest 2024 sebagai festival tahunan Kustom Kulture terbesar di Indonesia itu mengusung tema 'Lucky 13 Rollin' sebagai wujud kreativitas dan konsistensi menjadi barometer kustom show di Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kustomfest 2024 resmi bergulir 5-6 Oktober 2024 di Jogja Expo Center, Yogyakarta. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-13, festival tahunan Kustom Kulture terbesar di Indonesia itu mengusung tema 'Lucky 13 Rollin' sebagai wujud kreativitas dan konsistensi menjadi barometer kustom show di Indonesia.

"Tidak terasa perjalanan KUSTOMFEST sudah memasuki tahun ke-13, di mana angka 13 selalu diidentikkan dengan kesialan, diasosiasikan ketidak beruntungan, atau hal-hal yang berbau magis. Lucky 13 Rollin kami pilih menjadi tagline KUSTOMFEST 2024 karena bagi kami Angka 13 adalah sebuah nilai keberuntungan, kejutan dan juga, spirit baru untuk melangkah ke masa depan," terang Lulut Wahyudi, Director KUSTOMFEST, Sabtu (5/10/2024).

Ada hal menarik saat akan memasuki area pameran maupun di panggung utama pameran, dimana terdapat poster dengan nada satire. Menurut Lulut, ini merupakan cara Kustomfest untuk menyuarakan keresahannya tentang sebuah karya yang dijiplak dan karya copy paste itu dianggap sebuah kewajaran.

"Tren latah ini, seperti meng-copy, mereplika, mencontoh, bahkan menjiplak itu dianggap hal yang biasa. Kami dengan poster-poster santai versi Kustomfest, ingin membangun kesadaran kalau kamu kamu hanya meng-copy, mereplika dan menjiplak itu bukan lah berkarya, kamu tak lain sebagai plagiator," kata Lulut.

"Di panggung Kustomfest kami bangun sebuah penyadaran jangan sampai meng-copy, tapi lebih bangga dengan karya sendiri apalagi kita punya budaya dari akar budaya kita. Itu bicara karya (mobil/motor kustom), apalagi (jiplak) event, itu lebih tidak bagus lagi," tambahnya.

Saat ini KUSTOMFEST sudah menjelma menjadi sebuah ruang besar bersama untuk mengapresiasi karya-karya terbaru dan hasil berproses di dunia kustom Indonesia.

Tidak itu saja, KUSTOMFEST juga menjadi melting pot yang organik, edukatif dan tidak sekadar dibuat-buat untuk konten event namun berdampak positif bagi seluruh pelaku dunia kustom di Indonesia.

Untuk meningkatkan daya saing tinggi karya pelaku dalam negeri, KUSTOMFEST menghadirkan bintang tamu internasional dengan segala kemampuan dan reputasi di industrinya antara lain: Kaichiroh Kurosu (Cherry’s Company), Yuichi Yoshizawa (Custom Works Zon), Masayuki Sugihara (Luck MC), Toshiyuki Ozawa (Cheetah 4D Studio), Shige Suganuma (Mooneyes), Gussan (2 percenter) dan juga beberapa pelaku event kustom internasional dari Bangkok Hot Rod Custom Show (Thailand), Art of Speed (Malaysia), Borneo Kustom Show (Brunei), dan Wicked Wallop (Singapura).

Dari sisi artwork, desain logo yang ditampilkan tahun ini menggambarkan perjalanan KUSTOMFEST yang terus bergerak, berputar dengan segala keriuhan dan euforianya. Perjalanan 13 tahun KUSTOMFEST diibaratkan roller coaster yang bergerak naik dan turun, berbelok secara cepat, berputar kemudian tiba tiba berhenti.

Ini menandakan perjalanan KUSTOMFEST yang terbagi dalam 3 masa: Masa Euforia- sebelum Covid19, Masa Pandemic Covid19 dan Masa Post Covid19.

Beragam program menarik sudah disiapkan untuk acara tahun ini. Harley-Davidson hadir di KUSTOMFEST dengan mengangkat tema Custom Kings Asia untuk menantang para builder dan H-D Owner untuk memamerkan karya terbaiknya.

Pemenang kompetisi akan meraih tiket eksklusif menjadi finalis ke King of the Kings Asia Harley Days 2024 dan akan diberangkatkan ke Thailand.

Ruang yang lebar juga dibuka bagi penggemar modifikasi Yamaha XSR155 lewat program XSR155 Custom Challenge. Kreasi para modifikator XSR155 dengan segala dandanannya akan dipajang khusus sehingga bisa menjadi referensi pengunjung.

Tidak ketinggalan parade jawara nasional Honda Modif Contest juga ditampilkan di KUSTOMFEST. Nah, buat yang penasaran dengan Royal Enfield Super Meteor 650 kustom, disini akan menjadi tempat perkenalan dari Royal Enfield Indonesia yang menggandeng AMS Garage dari Bali.

Salah satu kolaborasi menarik lainnya yang akan dihadirkan adalah KUSTOMFEST x FREEFLOW KUSTOM. Perjalanan keduanya sudah berlangsung selama belasan tahun sehingga tumbuh menjadi sebuah barometer di dunia kustom.

Untuk merayakan kemitraan khusus pada tahun ini akan ada perpaduan kustom paint pada media gas tank motor chopper dengan sentuhan khas dari Freeflow Kustom.

Salah satu konten baru yang akan dihadirkan adalah "Traditional Pinstripe Exhibition", pameran pinstripe yang menampilkan karya artist pinstriper Indonesia bersama dengan Rollie Monkie. Ada juga Kustom Paint Battle bersama Samurai Kuroboshi Airbrush.

Tidak hanya konten acara, area luar juga dipenuhi berbagai macam tenant makanan dan minuman untuk menyegarkan pengunjung. Untuk memudahkan transaksi dukungan pembayaran cashless BRImo dari Bank BRI juga hadir di seluruh tenant KUSTOMFEST.

2 dari 2 halaman

Program Lainnya

Untuk penggemar ajang pacu adrenalin di lintasan tanah datar yakni flat track, KUSTOMFEST terus menciptakan kemasan baru yang bukan sekadar sebuah kompetisi menghibur namun juga memberikan sisi edukasi.

Toshiyuki Osawa dari Cheetah 4D Studio dan Masa Komazaki pelaku balap flat track dari Have Fun Flat Track di Jepang memberikan coaching clinic untuk para pegiat balapan tanah ini. Keduanya merupakan pelaku aktif flat track di Jepang yang mempopulerkan balapan ini hingga menarik perhatian dari berbagai negara.

Sebagai bahasa universal, musik tetap menjadi arena untuk tetap dijaga kualitasnya dari pengisi acara. Tahun ini, KUSTOMFEST akan menyajikan suguhan spesial dari Nasida Ria "The Legend of Kasidah" yang akan tampil untuk pertama kalinya di KUSTOMFEST 2024 - LUCKY '13' ROLLIN'!.

Tidak kalah untuk ditunggu aksinya yakni performa band legendaris ST.LOCO bersama dengan GOREBOMB. Dua band cadas dari HAMMERSONIC RECORDS yang memiliki misi membentuk ‘circle pit’ sebesar mungkin akan menggebrak arena outdoor JEC. Jangan lupakan pula sang penampil yang terkenal dengan lirik humanis, sosial dan bahkan politis dalam kepekatan maksimal grindcore dari NOXA.

Mario Zwinkle juga bakal unjuk gigi dengan melafalkan gerakan persatuan, mengungkap falsafah Jawa untuk membuang bebendu (hal-hal negatif/buruk) baik lahir maupun batin, selain ada suguhan orkes rockabilly dari The Sleting Down.

Lucky number '13' juga tidak akan lengkap tanpa TUAN TIGABELAS sang pemilik angka "13" yang akan mengajak penonton "bicara" lewat rima kata dan derap musiknya yang "tajam"!. KOIL juga akan tampil di panggung outdoor JEC untuk semakin menambah keseruan area KUSTOMFEST 2024 - LUCKY '13' ROLLIN'!

“Keseluruhan acara kali ini menggambarkan perjalanan dari KUSTOMFEST yang berjalan perlahan dan bisa bertemu dengan banyak sosok dan juga industri yang beririsan dengan dunia kustom kulture Indonesia. Semua rangkaian acara ini bisa dinikmati oleh penonton yang membeli tiket dengan harga Rp 100.000 per hari.” tutup Lulut.