Sukses

Torehkan Pengiriman Kendaraan ke-1 Juta Unit, Pabrikan China Ini Cetak Sejarah

Li Auto akan mencapai pengiriman ke-1 juta pada pertengahan Oktober mendatang. Keberhasilan ini menjadi tonggak baru bagi produsen tersebut dalam mencapai prestasi di pasar otomotif.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen kendaraan listrik, Li Auto, akan segera mencapai tonggak baru, karena berhasil meraih target pengiriman satu juta unit pada akhir Oktober.

Pencapaian ini membutuhkan waktu hampir 5 tahun. Rencananya, Li Auto akan merayakan pencapaian tersebut dengan mengadakan upacara penyerahan.

Sekadar informasi, Li Auto adalah merek asal Tiongkok yang membuat kendaraan bertenaga listrik, dan didirikan sejak 2015. Jenama tersebut menjual mobil pertamanya pada 2019, yang menandai kehadiran merek tersebut di pasar domestik.

Pada penjualan awal di enam bulan pertama, Li Auto hanya mampu mengirim 10.000 kendaraan. Namun, setelah beberapa tahun berikutnya, penjualannya meningkat drastis.

Pada November 2021, Li mencapai pengiriman 100.000 kendaraan. Untuk meraih pencapaian saat ini, Li membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk mengejar 900.000 unit.

Pada (1/10/2024), produsen asal Tiongkok itu telah melaporkan pengirimannya yang sudah mencapai 975.176 unit. Namun, pengiriman pada 9 bulan pertama 2024, Li Auto berhasil menjual 341.812 kendaraan atau rata-rata sekitar 38.000 unit mobil per bulan.

Hal ini menandakan bahwa Li kemungkinan besar akan mencapai pengiriman yang ke-1.000.000 pada pertengahan Oktober.

 

2 dari 3 halaman

Bocoran Upacara Perayaaan Li Auto

Seorang blogger otomotif asal Tiongkok membagikan foto bocoran plakat yang berisi tentang pencapaian Li Auto yang sukses mengirim mobil ke-1 juta.

Mengenai bocoran plakat yang diambil dari Shenzhen, netizen banyak yang berasumsi bahwa upacara penyerahan akan diselenggarakan di Pusat Ritel Taman Sains Nanshan, Shenzhen.

Akan tetapi, postingan foto tersebut tidak berlangsung lama. Ada kemungkinan blogger tersebut diminta untuk menghapus sampai menunggu pengumuman resmi dari Li Auto.

Namun, blogger Tiongkok lainnya mengatakan bahwa setiap pabrikan Li Auto akan menyiapkan plakat mengenai pengiriman mobil ke-1 juta.

Sebagai bukti, ia juga mengunggah foto plakat tersebut yang persis dengan yang di Shenzhen. Informasi yang dibagikan ini membuat simpang siur terkait lokasi upacara perayaan tersebut.

Sampai saat ini, belum ada informasi resmi yang dibagikan Li Auto terkait tanggal dan lokasi upacara penyerahan. Namun, netizen berasumsi bahwa pencapaian itu akan terjadi pertengahan Oktober.

3 dari 3 halaman

Riset Penjualan Li Auto Pada 2024

Dilansir dari carsnewschina pada (10/102024), menurut riset yang dilakukan carsnewschina, produsen EV itu mampu meraih target penjualan tertinggi mencapai 71,2 persen di antara jajaran merek baru yang bergerak di produksi yang sama.

Namun, di balik keberhasilan yang diraih, Li Auto sempat mengalami penurunan pada target penjualannya hampir 50 persen.

Awalnya, Li mempunyai rencana ingin menjual 800.000 unit model Minivan Li Mega pada 2024. Namun, mobil tersebut tidak berhasil mencapai target dan terpaksa membuat Li harus mengubah target penjualannya menjadi 560.000–640.000 unit.

Setelah itu, ternyata volume penjualan masih lebih rendah dari yang diharapkan. Akhirnya, Li menurunkan kembali target penjualannya menjadi 480.000 unit.

Beruntung, Li Auto bisa mempertimbangkan target penjualannya, namun jika tidak, mungkin target yang diraih tahun ini hanya mencapai 42,7 persen, yang mana lebih rendah dari rata-rata penjualan NEV Tiongkok lainnya.

Meski hampir mengalami penurunan, saat ini Li Auto menjadi salah satu merek NEV terlaris di Tiongkok. Untuk mobil terlarisnya adalah crossover Li L6 EREV, sementara Minivan Mega menjadi merek terlaris di model tersebut.