Sukses

Volkswagen Bakal Luncurkan 8 Mobil Listrik Terjangkau pada 2027

Volkswagen bermaksud untuk merebut kembali pangsa pasar segmen elektrifikasi dunia

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen bermaksud untuk merebut kembali pangsa pasar segmen elektrifikasi dunia. Jenama asal Jerman inipun bersiap untuk meluncurkan delapan mobil listrik terjangkau baru yang direncanakan pada 2027.

Rencana ambisius tersebut, diutarakan oleh Kepala Merek Thomas Schaefer, kepada publikasi auto motor und sport, Kamis (10/10/2024).

"Kita harus memproduksi kendaraan kita secara menguntungkan, dan memasarkannya dengan harga yang terjangkau," kata Thomas.

Dilaporkan juga, Volkswagen juga akan menghadirkan model mobil listrik kecil ID.2 yang akan dikembangkan dalam tiga tahun ke depan.

Sebelumnya, Thomas memang pernah mengatakan, mobil listrik terjangkau dari Volkswagen akan disebut sebagai ID 1. Model ini, dirancang untuk pengganti dari e-Up, yang sudah berusia 11 tahun.

Model ini, rencananya akan dijual di seluruh Eropa pada akhir 2027, dengan harga sekitar 17 ribu poundsterling atau setara Rp 338 jutaan.

Volkswagen ID 1 akan menjadi pesaing langsung dari Renault Twingo, yang akan diluncurkan pada 2026. Selain itu, Volkswagen juga belum menentukan rencana industri untuk model listrik harga terjangkaunya ini.

2 dari 2 halaman

Harga Baterai

Tingginya harga baterai dan produksi di Eropa, harga Rp 300 jutaan untuk sebuah mobil listrik kemungkinan besar hanya bisa dicapai dengan volume besar, dan skala ekonomi yang tinggi.

Bahkan, laporan terbaru menunjukan bahwa Volkswagen dapat bekerja sama dengan Renault untuk mengempangkan serta produksi ID 1 dalam kemitraan dengan Twingo.

Â