Sukses

BYD Sealion 7 Debut di Paris Auto Show 2024, Persaingan SUV Listrik di Eropa Kian Sengit

BYD perkenalkan Sealion 7 pada ajang Paris Auto Show di Prancis. Peluncuran Sealion di ajang tersebut menjadi yang perdana di Eropa. Produsen EV terbesar asal Tiongkok itu berencana akan memperluas pengiriman Sealion 7 hingga ke pasar Benua Biru.

Liputan6.com, Paris - BYD memperkenalkan EV Sealion 7 di ajang Paris Auto Show 2024 di Paris, Prancis. Raksasa kendaraan listrik asal Tiongkok itu perdana meluncurkan SUV tersebut di Eropa. 

Meski sudah beredar di pasar Tiongkok, BYD berniat akan memperluas peredaran Sealion di pasar Eropa. Tak cuma Sealion, BYD juga memamerkan model lainnya seperti Dolphin, Atto 3, Seal U, U8, SUV off-road Yangwang, dan BYD Seal.

Kehadiran BYD di Paris Auto Show mengalami perkembangan pesat. Pasalnya baru dua tahun bergabung, produsen itu sudah memboyong delapan model terbaiknya di ajang tersebut.

Hal ini membuktikan bahwa strategi BYD dalam memperluas pasar secara agresif dinilai berhasil sehingga mengalami kemajuan yang pesat.

Sebagai model terbaru BYD, rencana Sealion 7 akan dijajakan di Eropa untuk menggaet konsumen yang lebih luas di segmen SUV. 

Sealion 7 menjadi model pertama yang diracik menggunakan e-Platform 3.0 Evo milik BYD.

Soal tenaga, sistem penggerak listriknya menggunakan "12-in-1". Kini BYD belum membeberkan spesifikasi Sealion di pasar Eropa, namun berkaca di pasar Tiongkok, Sealion 7 menawarkan dua pilihan baterai yakni 27 kWh dan 81 kWh dengan jangkauan mencapai 610 km, menurut CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle). 

2 dari 2 halaman

Kemungkinan Harga dan Spesifikasinya

Pengisian dayanya sudah didukung pengisian cepat 230 kW, dengan persentase 0 hingga 100 persen hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Bagian interiornya memiliki fitur layar sentuh putar berukuran 15,6 inci yang berada di konsol tengah. Pada joknya menggunakan material premium dari kulit nappa, sehingga menambah kesan mewah. 

Soal dimensi, Sealion 7 berukuran panjang 4,8 m, lebar 1,9 m, dan tinggi 1,6 m, jika dibandingkan sebaya dengan Tesla Model Y.

Ekspansi besar-besaran yang dilakukan BYD merupakan strategi untuk menguasai pasar roda empat secara global.

Kendaraannya ini sudah tersebar di 95 negara dan kawasan lainnya di seluruh dunia. Pada September, BYD berhasil menjual 419.426 kendaraan listrik baru.

Hal ini meningkat 45,91 persen dari tahun ke tahun. Penjualannya di pasar global meningkat 17,74 persen dari tahun ke tahun, dengan menyumbang 33.012 unit.

Sealion 7 diperkirakan akan mengaspal di jalanan Eropa pada akhir tahun ini. Meski harga untuk pasar Eropa belum diumumkan, di pasar Tiongkok berkisar Rp420 juta.

Video Terkini