Sukses

Honda Perkenalkan CB300F Flex-Fuel 2024, Jadi Motor Ethanol Pertama di India

Honda resmi meluncurkan CB300F Flex-Fuel 2024 di pasar India, dengan harga Rp 30,9 juta. Hadirnya CB300F Flex-Fuel menjadikannya sepeda motor berbahan ethanol pertama di India, dan akan tersedia di diler resmi Honda, BigWing, pada akhir bulan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Honda resmi meluncurkan sepeda motor CB300F Flex-Fuel 2024 di pasar India. Kehadiran CB300F menjadikannya sepeda motor flex-fuel 300cc pertama di India, yang menggunakan bahan bakar ethanol hingga E85.

Harga motor ini dibanderol Rp 30,9 juta, belum termasuk biaya administrasi, pajak, asuransi, dan lainnya. Motor naked sport ini akan tersedia di diler resmi Honda di India, BigWing, pada akhir bulan ini.

Soal tenaga penggeraknya, CB300F sudah dibekali mesin 293,52 cc yang dapat menghasilkan output maksimal 24,54 bhp pada 7.500 rpm dan torsi 25,9 Nm pada 5.500 rpm. Mesin tersebut juga sudah dikawinkan dengan transmisi enam percepatan dengan assist slipper clutch.

Dari segi keselamatannya, motor ini sudah didukung sejumlah fitur seperti sistem ABS (Anti-Lock Braking System) dual-channel, rem cakram, Honda Selectable Torque Control, dan sistem suspensi yang dapat disesuaikan. 

Kendaraan roda dua ramah lingkungan ini juga memiliki suspensi depan tipe upside-down forks dan suspensi belakang monoshock absorber, memberikan kenyamanan saat melintasi berbagai medan. 

Dalam hal dimensi, CB300F memiliki panjang 2.084 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.075 mm. Motor berbobot 153 kg ini memiliki ketinggian jok yang ideal 789 mm dan ground clearance sebesar 177 mm.

Selain fitur keamanan yang terjamin, motor ini sudah disematkan teknologi canggih seperti panel instrumen digital dan Intelligent Ethanol Indicator. Honda akan menyediakan dua pilihan warna, yaitu Sports Red dan Matte Axis Grey Metallic.

2 dari 3 halaman

Tujuan Peluncuran CB300F Flex-Fuel 2024

Dikutip dari situs resmi Honda BigWing pada Senin (21/10/2024), Managing Director, President & CEO, Honda Motorcycle & Scooter India, Tsutsumu Otani mengatakan meluncurnya CB300F Flex-Fuel 2024 di India merupakan bagian dari tujuan Honda untuk mendukung pengurangan emisi karbon kendaraan pada 2050.

Dirinya juga menyebut bahwa pemerintah India ikut bersama Honda untuk menyokong program Ethanol Blended Petrol (EBP) agar menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan hijau. 

“ Di Honda, kami bertujuan untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan kami pada tahun 2050. Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap inovasi produk yang berkelanjutan, hari ini kami memperkenalkan versi flex-fuel baru dari CB300F, yang menandai tonggak penting dalam perjalanan kami menuju pengurangan emisi dan memenuhi kebutuhan energi India. Dengan keahlian lebih dari satu dekade dalam teknologi flex-fuel secara global, Honda telah mengembangkan sepeda motor ini secara khusus dengan mempertimbangkan pelanggan India untuk membuat transisi flex-fuel yang mulus untuk pasar kendaraan roda dua India. Peluncuran CB300F flex-fuel baru memperkuat komitmen kami untuk mendukung program Ethanol Blended Petrol (EBP) Pemerintah India dan berkontribusi terhadap masa depan yang lebih bersih dan lebih hijau .” ujar Tsutsumu Otani dalam keterangan resminya. 

Sementara itu, Director Sales and Marketing, Honda Motorcycle & Scooter India, Yogesh Mathur, mengungkapkan minat pelanggan India terhadap sepeda motor mulai beralih ke energi ramah lingkungan, meskipun motor tersebut berperforma tinggi. Ia juga menerangkan hadirnya CB300F membuka pilihan baru bagi para pecinta naked sport di India . 

“Pelanggan India semakin menginginkan sepeda motor yang tidak hanya berorientasi pada performa tetapi juga ramah lingkungan. Honda CB300F flex-fuel merupakan perpaduan sempurna antara teknologi modern dan kesadaran lingkungan, yang menawarkan kebebasan kepada pengendara untuk memilih flex-fuel sekaligus memastikan keandalan dan performa yang menjadi ciri khas Honda. Kami gembira dapat menghadirkan opsi baru ini di pasar dan menetapkan tolok ukur baru di segmen sepeda motor premium .”

3 dari 3 halaman

Infografis Larangan Turis Asing Pakai Sepeda Motor Sewaan di Bali