Sukses

Cetak Sejarah, Aldi Satya Mahendra Juara Dunia WorldSSP300

Aldi Satya Mahendra baru saja mencatatkan sejarah besar dengan menjuarai World Supersport 300 (WorldSSP300) yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Minggu, (20/10/2024). Pakai motor Yamaha YZF-R3, Aldi Satya berhasil menjadi rider Asia pertama yang menyabet gelar juara di ajang tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Indonesia baru saja bersinar di kancah motor balap dunia. Sebab, Aldi Satya Mahendra sukses mencatatkan sejarah besar dengan menjuarai World Supersport 300 (WorldSSP300) 2024 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (20/10/2024).

Pencapaian besar itu berhasil menorehkan sejarah sebagai rider Indonesia pertama yang menjadi juara dunia.

Pria 18 tahun itu menunjukkan talentanya di motor balap kelas dunia. Saat di Race 1 pada Sabtu (19/10/2024), ia berhasil meraih podium ke-3 sebelum menyandang predikat juara dunia.

Dengan didukung Yamaha Indonesia menggunakan motor YZF-R3, Aldi Satya menunjukkan konsistensi dan kesiapannya untuk meraih gelar juara motor balap dunia.

Perjuangan Aldi pada Race 2 dituntaskan dengan hasil di posisi ke-6, yang mana poin yang dikumpulkan sudah cukup membuatnya meraih juara dunia.

Di klasemen akhir, dia berhasil mencetak 221 poin, membuatnya berjarak 21 poin dari pesaing di bawahnya, yaitu rider asal Belanda, Loris Veneman.

Hasil akhir ini menetapkan pembalap yang berada di bawah bendera Tim BrCorse ini sebagai juara dunia.

Tak hanya itu, Aldi Satya Mahendra yang merupakan rookie di WorldSSP300 2024 mencatatkan dirinya sebagai rider Asia pertama yang menjuarai kompetisi bergengsi WorldSSP300.

”Wow, ini sungguh mimpi yang jadi kenyataan. Saya tidak mampu berkata-kata, sungguh ini hari yang sangat menakjubkan. Terima kasih kepada Allah, semua pihak yang telah membawa saya sampai sejauh ini ke tangga juara dunia, terutama kepada Yamaha Indonesia, Tim BrCorse, dan keluarga saya," ujar Aldi Satya Mahendra.

"Semua kerja keras, usaha, dan perjuangan selama ini membuahkan hasil luar biasa ini. Saya juga persembahkan gelar juara dunia ini untuk Indonesia dan seluruh masyarakat Tanah Air. Untuk Merah Putih Semakin di Depan, Indonesia. Yamaha Semakin di Depan, Full Gaspolll,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

Aldi Membanggakan Keluarga Besar Yamaha

Prestasi yang dicetaknya tentu membuat seluruh keluarga besar Yamaha Indonesia bangga. Pembalap muda asal Yogyakarta ini menjadi bukti bahwa Yamaha berhasil mencetak bibit unggul dan pembinaan Yamaha Racing Indonesia.

Manager Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor, Wahyu Rusmayadi, mengungkapkan kebanggaannya dengan pencapaian Aldi Satya Mahendra sebagai juara dunia.

Selain karena bakat dan kemampuan yang luar biasa dari Aldi, pencapaian ini tentu didukung Tim BrCorse dan juga Yamaha YZF-R3, yang menyatu lengkap mengantarkannya meraih gelar juara dunia.

”Kami sangat berbahagia mendapatkan hasil membanggakan dengan pencapaian juara dunia Aldi Satya Mahendra. Dukungan yang kami berikan, bersama Tim BrCorse dan tentunya bakat, skill, dan mental Aldi Satya Mahendra, ditambah keunggulan Yamaha YZF-R3, menyatu lengkap mengantarkan gelar juara dunia dari kejuaraan WorldSSP300," terang Wahyu.

Menurutnya, pertarungan tahun ini sungguh menegangkan, namun dengan fighting spirit tinggi Aldi Satya Mahendra bersama semua pihak yang terlibat merupakan salah satu kunci kesuksesan ini.

3 dari 3 halaman

Perjuangan dan Torehannya di Ajang World Supersport 300

Di balik kesuksesannya menyabet gelar juara dunia, perjalanan Aldi Satya Mahendra dimulai dari balapan nasional, lalu mendapatkan pembinaan dari Yamaha Indonesia di berbagai ajang seperti di kelas R15 bLU cRU Junior Pro, tampil di Asia Road Racing Championship, juga tahun 2023 mengikuti R3 bLU cRU European Championship dan wild card WorldSSP300.

Melalui pengalaman tersebut, membuat dirinya ditempa menjadi sosok hebat, yang bisa mengantarkannya meraih gelar juara motor balap dunia di tahun ini.

Meski di Race 2 pada 20 Oktober Aldi Mahendra hanya finis di urutan ke-6, poin yang dikumpulkannya sudah cukup membuatnya meraih juara. Sebelumnya selama semusim penuh di WorldSSP300 2024, dirinya konsisten membuat tradisi mencapai podium juara.

Mulai seri Catalunya, Spanyol (23-24 Maret) meraih podium ke-2 di Race 1, lalu di Misano, Italia (15-16 Juni) dengan memborong podium ke-2 di Race 1 dan podium ke-1 di Race ke-2.

Setelah itu di Ceko (20-21 Juli) naik podium ke-3, termasuk podium ke-2 dan ke-3 di Magny Cours, Prancis (7-8 September), dan juga podium ke-2 Race ke-2 Aragon (28-29 September). Dan diselesaikan di seri terakhir di Jerez dengan merebut podium ke-3 Race 1.

Aldi Satya Mahendra pun menutup manis musim balapan 2024 sebagai putra bangsa yang memberikan hadiah spesial bagi Indonesia tercinta.