Sukses

Punya Harga Fantastis, Ferrari F80 Diproduksi Terbatas dan Terjual Habis

Ferrari akhirnya melahirkan penerus supercar legendaris, LaFerrari. Dia adalah Ferrari F80 dan belum lama ini resmi diluncurkan di Maranello, Italia.

Liputan6.com, Maranello - - Ferrari akhirnya melahirkan penerus supercar legendaris, LaFerrari. Dia adalah Ferrari F80 dan belum lama ini resmi diluncurkan di Maranello, Italia.

Dikabarkan, hanya 799 unit Ferrari F80 yang diproduksi untuk pasar global dan telah terjual habis. Meskipun identitas pembeli dirahasiakan oleh Ferrari, diketahui bahwa penjualan terbanyak berada di Amerika dan Tiongkok.

F80 adalah puncak dari teknologi dan inovasi Ferrari, dengan desain yang fokus pada aerodinamika dan terinspirasi oleh keandalan jet F1. Mobil ini dilengkapi mesin hybrid yang terdiri dari V6 3.0-liter dan e-Turbo, serta sistem penggerak motor listrik e4WD.

Pengembangan F80 dimulai pada 2020 dan dilakukan secara rahasia. Dengan produksi baterai dan layout dilakukan secara internal tanpa keterlibatan pihak eksternal.

Ferrari F80 menjadi supercar paling kuat dengan tenaga maksimal 1200 hp yang disalurkan ke semua roda.

Secara teoritis, F80 dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 2,1 detik. Berdasarkan tes internal di Sirkuit Fiorano, F80 mencatat rekor lap time baru 1 menit 15 detik.

Ferrari F80 juga menawarkan konfigurasi 1+. Mempertahankan konsep single seat namun tetap dapat menampung penumpang.

Desain kokpitnya tetap fokus pada pengemudi dengan desain jok penumpang asimetris untuk mempertahankan nuansa single seat.

Saat peluncurannya, Oto.com mendapat kesempatan untuk menyaksikan langsung Ferrari F80 yang sangat memikat.

Teknologi knalpot Manifold Inconel© dirancang khusus untuk menghasilkan suara bariton khas mesin Ferrari V6 yang berbeda dari V12.

 

2 dari 2 halaman

Perkiraan Harga

Berapa harga yang harus dibayar konsumen untuk Ferrari F80 ini?

Informasi yang diterima saat peluncuran menyebutkan bahwa Ferrari F80 dijual seharga 3,6 juta Euro di Italia. Sudah termasuk pajak namun belum termasuk biaya personalisasi yang sering dilakukan konsumen.

Harga ini tidak dapat dijadikan acuan bagi konsumen di luar Italia. Karena pabrikan menyatakan harga Ferrari F80 akan berbeda di tiap negara.

Jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, harga Ferrari F80 berkisar Rp60 miliar, belum termasuk pajak dan biaya pengiriman.

Sumber: Oto.com