Sukses

Makin Canggih, Honda Kenalkan Teknologi Baru untuk Model Listriknya

Honda Motor Co., Ltd memperkenalkan teknologi baru untuk model Honda 0 Series di acara Honda 0 Tech Meeting 2024

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor Co., Ltd memperkenalkan teknologi baru untuk model Honda 0 Series di acara Honda 0 Tech Meeting 2024. Honda 0 Series sendiri, adalah rangkaian kendaraan listrik (EV) yang akan diluncurkan secara global mulai 2026.

Honda 0 Series dikembangkan dengan pendekatan baru, yaitu Thin, Light, dan Wise. Model-model ini menawarkan lima nilai inti, yaitu desain artistik, sistem mengemudi tingkat lanjut (AD/ADAS), teknologi internet of things (IoT) pada ruang kabin, dan kesenangan berkendara serta efisiensi tenaga listrik yang luar biasa.

Dengan pendekatan pengembangan Thin, Honda akan terus mewujudkan konsep M/M (Man Maximum, Machine Minimum) di era EV ini dan berupaya menawarkan nilai baru EV sebagai ruang nyaman dengan menampilkan desain yang stylish. dengan ketinggian kendaraan rendah dan overhang pendek.

Dengan pendekatan pengembangan light, Honda akan berusaha mewujudkan rasa berkendara sporty serta mewujudkan efisiensi listrik terbaik serta terdepan di dunia otomotif, yang selalu menjadi komitmen Honda dalam pembuatan mobilnya.

Sementara itu, unit daya akan dibuat dengan konsep lebih wise serta efisien dengan daya jangkau di kelas 300 mil dalam mode EPA.

Selain itu, penggunaan baterai tipis, e-Axle kompak, teknologi low-floor memungkinkan pusat gravitasi rendah serta meningkatkan perilaku berkendara sporty. Teknologi motor dan inverter dari kendaraan hybrid (e:HEV) digunakan untuk membuat e-Axle yang lebih efisien dan kompak.

Tidak hanya ini, casing IPU (baterai) dibuat lebih tipis melalui teknologi mega casting dan 3D Friction Stir Welding (FSW). Perusahaan asal Jepang tersebut berupaya membatasi penurunan kapasitas baterai hingga kurang dari 10 persen setelah 10 tahun penggunaan.

 

2 dari 2 halaman

Pengembangan Sistem Aerodinamis

Honda juga telah mengembangkan sistem aerodinamis aktif untuk meningkatkan stabilitas kendaraan, sementara pengalaman berkendara sporty dicapai melalui indeks stabilitas kemudi baru. Struktur bodi yang disederhanakan berkontribusi pada pengurangan bobot kendaraan sekitar 100kg.

Honda juga akan menyederhanakan pengoperasian sistem In-Vehicle Infotainment (IVI) dan meningkatkan dukungan dengan asisten suara yang dipersonalisasi. Teknologi IT dan konten hiburan akan dimanfaatkan untuk menjadikan kendaraan listrik lebih menyenangkan sebagai ruang mobilitas.

Honda akan terus menawarkan pengalaman berkendara yang inovatif dan ramah lingkungan, serta menghubungkan penumpang dengan dunia luar melalui teknologi XR (eXtend Reality).

Video Terkini