Sukses

Yamaha MT-07 Dapat Penyegaran, Tampangnya Makin Sangar

Yamaha melakukan penyegaran pada MT-07 model 2025. MT-07 disebut seperti model baru, karena memiliki banyak peningkatan. Model facelift ini meliputi bobot yang lebih ringan, tampilan wajah baru, suspensi depan baru, dan sejumlah fitur perangkat elektronik.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha melakukan penyegaran pada MT-07 model 2025. Ubahan yang dilakukan meliputi bobot yang lebih ringan, tampilan wajah baru, suspensi depan baru, dan sejumlah fitur perangkat elektronik.

Nantinya, Yamaha MT-07 2025 akan menawarkan tiga pilihan warna yaitu Ice Storm, Icon Blue, dan Tech Black.

Jenama asal Jepang itu menyebut varian facelift ini bakal seperti model baru, karena memiliki banyak peningkatan. Mulai dari mesinnya, MT-07 menggunakan mesin Crossplane 2 dengan mode berkendara yang dapat disesuaikan.

Selain itu, Yamaha juga menyediakan varian dengan transmisi otomatis Yamaha Y-AMT.

Meski begitu, Yamaha MT-07 2025 tetap memakai kapasitas mesin 690 cc dengan pendingin cairan, DOHC, dan empat katup per silinder.

Namun, emisinya sudah disesuaikan standar EU 5+. Suara mesinnya juga telah disempurnakan.

Transmisi enam percepatannya dibekali kopling bantu dan slipper, yang membuat tuas kopling lebih ringan sekitar 22 persen.

Kopling ini juga dapat mengurangi torsi balik dan pengereman mesin berlebihan saat menurunkan gigi, sehingga memudahkan pengendara saat masuk tikungan.

Pada sistem Transmisi Manual Otomatis Yamaha (Y-AMT), pengendara bisa memilih dua mode, D atau D+. Mode D cocok untuk penggunaan sehari-hari, sementara D+ dapat memberikan pengalaman lebih sporty dengan putaran mesin lebih tinggi.

MT-07 Y-AMT juga dibekali cruise control yang dapat memberikan kenyamanan saat perjalanan jauh. Untuk pengoperasian manualnya, perpindahan gigi bisa dilakukan dengan ibu jari dan telunjuk.

 

2 dari 2 halaman

Peningkatan Yamaha MT-07 2025

Tak cuma mesin, pengereman dan suspensi juga ikut ditingkatkan, dengan kaliper rem radial empat piston dan garpu terbalik berdiameter 41 mm, yang dinilai lebih kuat dan stabil.

Pada sasis MT-07 yang baru, menawarkan bobot 14,8 kg dengan peningkatan kekakuan torsi antara 12 hingga 13 persen. 

Pelek spin-forged baru lebih ringan (480 gram lebih ringan dari sebelumnya), yang dapat meningkatkan kelincahan pengendalian.

Untuk pertama kalinya, MT-07 dilengkapi sistem ride-by-wire dengan tiga pengaturan YRC (Yamaha Ride Control), yaitu Sport, Street, dan Custom, yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara.

Fitur ini juga menyediakan kontrol traksi dua tingkat dan quickshifter opsional. Semua pengaturan dapat diakses melalui layar TFT-LCD 5 inci dengan sakelar fungsi ganda di stang kiri.

Lampu sein kini memiliki fungsi 'tiga kedipan' dan pembatalan otomatis sebagai fitur standar.

Posisi berkendaranya telah disesuaikan dengan stang 18 mm lebih lebar, 22 mm lebih rendah, dan 9,3 mm lebih ke belakang, serta pijakan kaki yang 10 mm lebih rendah.

Tinggi joknya tetap dibuat 805 mm, dengan penutup tangki baru yang lebih sempit agar pengendara bisa menjepit tangki dengan lutut.

Jok dua bagian baru memiliki ukuran, bentuk, dan bantalan yang lebih baik untuk kenyamanan pengendara dan penumpang, memudahkan saat menaiki sepeda motor dan berpindah posisi saat berkendara.