Sukses

Recall Lanjutan, BMW Kembali Tarik xDrive 30 dan X3 M50 karena Masalah Airbag

BMW tengah menghadapi masalah berkelanjutan pada unitnya yang berpotensi mengalami penarikan kembali untuk perbaikan alias recall, yaitu xDrive 30 dan X3 M50. Dua model itu diduga mengalami masalah serupa pada kerusakan airbag.

Liputan6.com, Jakarta - BMW tengah menghadapi masalah berkelanjutan pada unitnya yang berpotensi mengalami penarikan kembali untuk perbaikan alias recall pada dua modelnya, yaitu xDrive 30 dan X3 M50.

Dua model ini diproduksi di pabrik BMW Group Spartanburg, Amerika Utara, dan ditemukan kerusakan pada sistem airbag.

Modul airbag tersebut dipasok dari Draexlmaier di Duncan, Carolina Selatan, dan diduga rusak saat pengiriman dari sub-pemasok ke Draexlmaier.

Penarikan ini merupakan kelanjutan dari kasus yang terjadi pada September lalu. Meskipun awalnya dianggap sudah terselesaikan, ternyata sejumlah unit X3 yang telah keluar dari pabrik Spartanburg masih mengalami masalah serupa.

Diketahui tujuh unit X3 terkena dampak, yang diproduksi antara 16 Juli hingga 19 Agustus 2024.

Jika airbag rusak dan tidak berfungsi dengan baik, tentu sangat berbahaya bagi keselamatan pengendara. BMW telah menginstruksikan sejumlah dealer untuk memperbaiki airbag pada kendaraan yang terdampak tanpa dipungut biaya.

Perusahaan asal Jerman ini juga akan mengirimkan surat kepada pemilik kendaraan sekitar 9 Desember mendatang.

Hingga kini, BMW belum menerima laporan terkait imbas masalah tersebut, baik cedera, kerusakan, maupun merenggut nyawa.

Pemilik dapat mengetahui apakah kendaraan BMW X3 mereka terkena recall dengan mengunjungi situs resmi BMW dan memasukkan VIN kendaraan. Semua kendaraan yang diproduksi di Spartanburg dapat dikenali dengan VIN yang diawali angka 5.

 

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Model yang Terdampak

BMW telah melaporkan kasus ini ke National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), dengan model yang kembali terdampak adalah xDrive30 dan M50.

Melihat tenaga penggeraknya, model xDrive30i dulunya menggunakan mesin 6 silinder 3.0 liter, namun kini berubah menggunakan mesin 4 silinder turbo 2.0 liter yang dapat menghasilkan tenaga 255 hp dan torsi 400 Nm.

Kecepatan akselerasinya mampu menempuh 0-60 mph dalam waktu hanya 6 detik.

Sementara itu, mesin 6 silinder 3.0 liter yang digunakan pada model X3 M50 dapat menghasilkan tenaga 393 hp dan torsi 580 Nm.

Sebuah rumor menyebut bahwa model X3 M akan tergantikan oleh iX3 M berdaya listrik. Namun, masih ada kemungkinan BMW menawarkan dua varian untuk X3, yaitu X3 M berbahan bakar konvensional dan iX3 M berbasis listrik.