Sukses

Mobil China Menggoyang Brasil

Mobil produk China bermerk Geely mejeng di Brasil. Media massa besar Brasil UOL menempatkan Geely dalam 5 mobil unggulan.

Mobil produk China bermerk Geely (baca: djili) mejeng di Brasil. Produsen Geely kini ditangani Volvo dan Mangan Brown. Pihak Geely Motors Brasil mulanya memperkenalkan sedan kelas menengah EC7 dan GC2 yang tiba pada April lalu. Proses impor dilakukan via Montevideo, Uruguay. Cara ini dilakukan untuk menghindari bea masuk sebagai sesama negara anggota Mercosur (organisasi negara-negara Amerika Selatan: Brasil, Argentina, Paraguay, Uruguay dan Venezuela) yang memiliki kerjasama regional di bidang sosial, politik, ekonomi, dan budaya.  

Geely mengklaim bakal menjual 3.500 unit dalam sejumlah model hingga akhir tahun ini. Produsen membidik angka 15 persen penjualan dengan target besar 25 persen terutama di kawasan tenggara Brasil. Agar konsumen kian percaya, Geely memberikan garansi panjang hingga tiga tahun atau 100.000 kilometer.

Tipe EC7 dengan mesin berbahan bakar bensin 1,8 liter 16 valve bertenaga 130 HP mempunyai 5 speed manual gearbox. Seperti diberitakan UOL edisi Kamis (23/1/2014) Geely seri EC7 ini menawarkan sejumlah kenyamanan kendaraan dengan AC otomatis, sarung jok kulit, stir dengan posisi ketinggian yang bisa disesuaikan, komputerisasi sistem, timer lampu, photochromic spion, remote control untuk pintu bagasi, sensor parkir belakang, radio/CD dengan diperlengkapi MP3 dan USB, serta porsi 60:40 untuk posisi kursi belakang yang nyaman.  



Sistem pengamanan mobil diperlengkapi dengan rem cakram antilock (ABS) dan distribusi gaya elektronik (EBD), sabuk tiga titik bagi penumpang, dan ada media isofix kursi anak.

Sementara untuk kelengkapan penerangan, Geely juga dibekali lampu depan dan lampu kabut belakang, ada pula repeater lampu arah lateral dalam fender. Geely juga menggunakan roda antitheft alarm aluminium 16 inci dengan ban 215/55. Dalam uji kelayakan keamanan yang digelar Euro NCAP Institute, Geely meraih poin 4 bintang. Inilah prestasi pertamakalinya yang berhasil diraih produsen mobil China.   



Jika pertama kali Anda melihat Geely tipe EC7, terlihat jelas gayanya terinspirasi mobil-mobil sedan Eropa. Terutama bodi bagian belakangnya, tutup bagasi yang lebih tinggi dari fender. Melihat Geely EC7, serasa menikmati penampakan BMW seri 7 dan Hyundai Azera produksi tahun lalu. Media massa terbesar di Brasil UOL menempatkan Geely EC7 bersama Chevrolet Camaro, Jaguar XK sport, Chevrolet Montana, dan Lumma Range Rover sport sebagai 5 mobil terbaik.

Penampakan Geely EC7 yang memiliki lebar 1,79 meter dan wheelbase 2,65 meter memang terlihat elegan, meski logo dan matte grillenya masih terasa asing di mata. Sayang harga jual Geely tak disebutkan secara spesifik. (Vin/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini