Sukses

PDIP DIY Gelar Sayembara Tangkap Pelaku Politik Uang

Money politic yang dimaksud bisa berbentuk uang atau barang bernilai lebih dari Rp 25 ribu rupiah.

Liputan6.com, Yogyakarta - PDIP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar sayembara untuk menangkal politik uang atau biasa dikenal dengan serangan fajar. Hadiah bagi orang yang menangkap pelaku money politic akan mendapat Rp 2 juta rupiah.

"Kita akan memberikan penghargaan bagi warga yang mendapati kecurangan seperti money politic saat pilkada serentak. Sementara ini kita berikan Rp 2 juta rupiah," ujar Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto di kantor PDIP DIY, Kamis (3/12/2015).

Bambang mengatakan, sayembara ini diperuntukan bagi siapa saja yang dapat melaporkan adanya praktik politik uang di tiga kabupaten di DIY saat pilkada serentak nanti.

 



Money politic yang dimaksud bisa berbentuk uang atau barang bernilai lebih dari Rp 25 ribu rupiah. Bagi warga yang dapat melaporkan dengan bukti yang ada maka akan mendapatkan penghargaan itu.

"Pokoknya di luar angka yang ditetapkan KPU yaitu Rp 25 ribu ya itu sudah masuk politik uang. Bisa masyarakat boleh, pers juga boleh. Pokoknya jangan ada politik uang. Itu menjijikkan," tandas Bambang.