Sukses

Barongsai dan Tari Naga Sambut KPU Asing di TPS Wihara Serpong

Penyambutan istimewa itu juga ditujukan bagi para penyelenggara pemilu dari negara lain yang diundang dalam rangka Election Visit Program.

Liputan6.com, Serpong - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) Serentak. Salah satu titik peninjauan adalah penyelenggaraan pemilihan wali kota (pilwalkot) Tangerang Selatan (Tangsel).

Komisioner KPU Arief Budiman mendatangi TPS 12 yang terletak di Wihara Boen Hay Bio Karuna Jala, Serpong. Kehadirannya langsung disambut barongsai dan tarian naga sebagai simbol budaya Tionghoa.

Penyambutan istimewa itu juga ditujukan bagi KPU atau para penyelenggara pemilu dari negara lain yang diundang dalam rangka Election Visit Program. Di antaranya berasal dari Tunisia, Malaysia, Bangladesh, dan Korea.

Arief berharap para perwakilan negeri sahabat mendapat pengalaman penyelenggaraan pemilu yang baru.

"Ini menjadi pengalaman baru di negara mereka. Biasanya ini menjadi pembelajaran bagi negara berkembang," ujar Arief di lokasi, Tangerang, Banten, Rabu (9/12/2015).

Menurut dia, Indonesia bisa menjadi contoh bagi negara lain untuk melaksanakan pemilu dengan anggaran yang efisien.

"Mungkin yang menjadi hal yang baru bagi mereka, misalnya kotak suaranya dari kardus, kemudian ada tinta celup. Ini semua menjadi hal yang pertama bagi mereka," imbuh Arief.

KPU menggelar kegiatan Election Visit Program yang diikuti 112 delegasi, terdiri dari pemangku kepentingan pemilu, duta besar negara sahabat, dan penyelenggara pemilu dari luar negeri.

Program itu bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pelaksanaan pemilu di berbagai negara.

Selain itu juga mempromosikan sistem pemilu dan demokrasi dalam pelaksanaan pemilu di Indonesia.  Serta memperoleh masukan dan tanggapan terhadap pelaksanaan Pilkada 2015, membangun hubungan baik antarnegara-negara peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.