Sukses

Calon Kepala Daerah PDIP Diuntungkan Modal Partai Jelang Pilkada

Menurut Hermawan, untuk menang pilkada, modal besar sumbangan partai tersebut harus digenapi dengan pemasaran pribadi calon kepala daerah.

Liputan6.com, Jakarta Pakar pemasaran Hermawan Kertajaya menjadi pembicara dalam pembekalan hari ketiga Sekolah Partai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah PDIP, di Depok, Jawa Barat, hari ini.

Di hadapan kader PDIP, Hermawan mengatakan,‎ sebagai partai kader yang mempunyai ideologi dan kepemimpinan kuat, PDIP memberi modal besar kepada calon kepala daerah untuk bertarung pada pilkada.

Selain faktor jati diri yang jelas, PDIP juga partai pemenang pemilu sebelumnya. Sehingga dukungan publik masih tinggi dan dapat menjadi modal kuat untuk menyusun pemasaran‎ strategis.

"PDIP sebagai partai ideologis secara tegas memposisikan dirinya sebagai partai rakyat, partai yang mengabdikan dirinya untuk mewujudkan kebahagiaan hatinya rakyat," kata Hermawan, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

"Bukan itu saja, nilai-nila sebagai orientasi yang hendak dituju juga jelas, karena Pancasila secara serius digunakan PDIP sebagai bintang penuntun dalam pemerintahan," sambung Presiden World Marketing Association itu.

Meski demikian, menurut Hermawan, untuk menang pada pilkada modal besar sumbangan dari partai tersebut harus digenapi dengan pemasaran pribadi calon kepala daerah.

"Tantangannya bagaimana agar calon yang popular akhirnya benar-benar dipilih. Dalam pemasaran  politik, kandidat harus mampu menciptakan pendukung yang mau membela dan mengadvokasi orang lain memilih jagoannya," ujar dia.

Sementara, Kepala Sekolah Partai PDIP Komarudin Watubun menegaskan bahwa PDIP akan serius memeriksa rekam jejak dan citra calon.

"Yang berpotensi bermasalah, yang sedang berperkara hukum, apalagi yang sudah tersangka akan tidak mendapat rekomendasi," tegas Komarudin.