Sukses

Gerindra Daftar Cagub Pilkada DKI Hari Terakhir Pendaftaran

Sementara, Partai Hanura akan mendatangi kantor KPU DKI Jakarta pada hari pertama masa pendaftaran.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta, membuka pendaftaran pencalonan bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada DKI Jakarta, pada 21-23 September 2016.

Sedangkan, 21 sampai 22 September dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, dan pada hari terakhir dari pukul 08.00 hingga 24.00 WIB.

Dari jadwal tersebut, terungkap Partai Gerindra akan mendaftar pada hari terakhir.

"Dari Gerindra akan mendaftar kemungkinan 23 September. Mereka juga akan bawa pendukung," ucap Ketua KPUD DKI Sumarno di kantornya, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

"Mereka bilang pendukungnya banyak, mau masuk ke ruang registrasi 200 orang," sambung dia.

Selain Gerindra, kata Sumarno, Partai Hanura mengabarkan waktu pendaftaran bakal cagub dan cawagub yang mereka jagokan. Hanura akan mendatangi kantor KPU DKI Jakarta pada hari pertama masa pendaftaran.

"Hanura kan mendukung Pak Ahok. Katanya, Hanura akan daftar 21 September. Tapi ini info belum resmi, ya," kata dia.

Namun, Sumarno tidak mengungkapkan terkait pendaftaran partai lainnya, terutama PDIP.

Partai Gerindra sudah mencalonkan Sandiaga Uno sebagai calon gubenurnya, yang akan berpasangan dengan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.

Sementara Partai Hanura telah memberikan dukungan kepada Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Dukungan itu bersama dua partai lainnya, Golkar dan Nasdem.

Namun, hingga hari ini Ahok maupun tiga partai itu belum mengumumkan nama bakal cawagub yang akan disandingkan dengan mantan Bupati Belitung Timur itu.

Sedangkan, PDIP melalui Sekjennya Hasto Kristiyanto mengungkapkan, pendaftaran cagub dan cawagub akan dilakukan pada hari kedua atau 22 September 2016.

"Kami targetkan 21 dan 22 September kami daftar secara serentak. Jadi 21 itu untuk kabupaten/kota. Dan 22 itu untuk pendaftaran gubernur," ucap Hasto baru-baru ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.