Sukses

Isi Perjanjian Politik Gerindra dan Anies Baswedan

Gerindra rela memberikan posisi calon gubernur pada Anies yang semestinya diberikan pada kadernya sendiri, Sandiaga Uno.

Liputan6.com, Jakarta Partai Gerindra dan PKS memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta. Bahkan Gerindra rela memberikan posisi calon gubernur pada Anies yang semestinya diberikan pada kadernya sendiri, Sandiaga Uno.

Rupanya, ada kontrak politik antara Partai Gerindra dan Anies Baswedan.

"Sebenarnya bukan kontrak politik, tapi lebih tepat disebut perjanjian politik. Di mana isinya jika terpilih menjadi Gubernur DKI, harus menyelesaikan pekerjaannya untuk kesejahteraan masyarakat," ucap Ketua DPD Gerindra DKI Mohamad Taufik kepada Liputan6.com, Selasa (27/9/2016).

Meski demikian, Taufik menampik isi perjanjian itu melarang Anies maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2019. Sebab, pada saat pemilu Anies belum menyelesaikan pekerjaannya sebagai Gubernur DKI, jika terpilih.

"Enggak ada itu. Kita enggak pernah seperti itu," tandas Taufik.

Taufik juga menampik ada pemberian mahar kepada Gerindra atau PKS dari Anies Baswedan maupun Sandiaga Uno.

"Enggak ada mahar-maharan. Emang Anies punya uang? Itu bukan kebiasaan kita. Kita hanya minta, jika jadi gubernur harus sejahterakan rakyat DKI. Itu saja," tutur Taufik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia
    Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia

    Gerindra

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan