Sukses

Curhat Kakak Angkat Ahok yang Muslim soal Ibunya

Andi mendatangi Markas Pemenangan Ahok-Djarot di Jalan Borobudur, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang tidak tahu bahwa calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memiliki kakak angkat seorang muslim. Kakak angkat itu bernama Andi Analta Baso Amir. Dia selalu menggunakan sorban di kepala.

Pada Selasa 8 November 2016, Andi mendatangi Markas Pemenangan Ahok-Djarot di Jalan Borobudur, Jakarta. Ia lalu menceritakan bagaimana ibu kandungnya lebih menyayangi Ahok ketimbang dirinya. Padahal Ahok hanya seorang anak angkat.

"Belum ada yang bisa menyaingi pengorbanan ibu saya, di luar ibu kandung Ahok ya, ibu saya sama dia tidak ada pengorbanan yang lebih besar," cerita Andi.

Saking sayangnya sang Ibunda, ketika Ahok maju memimpin Ibu Kota bersama Joko Widodo di Pilkada DKI Jakarta 2012, ibunda Andi, Misribu Baso Amir, meminta diantar ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk mencoblos Ahok.

Padahal, lanjut Andi, sang ibu saat itu sedang sakit keras dan kritis.

"Sampai ibu saya kondisinya sakaratul maut, saya sendiri yang bopong bawa ke mobil, lari kenceng, suruh belok dulu ke TPS untuk nyoblos anaknya Ahok," ungkap dia.

Andi berujar, dengan satu suara yang diberikan ibunya tersebut membawa Ahok menjadi pemimpin di Ibu Kota.

"Sehingga keberkahan satu suara ibu saya, sehingga kemenangan ini bisa diraih waktu 2012," ujar Andi.

Peran Misribu begitu besar di dalam kehidupan Ahok. Dia bahkan rela meninggalkan beberapa pekerjaannya untuk mengantar sang ibu angkat hingga ke peristirahatan terakhirnya pada 16 Oktober 2014 lalu.

Jika sedang berada di Jakarta, Ahok dan keluarganya yang berasal dari Belitung Timur selalu berkunjung ke rumah Misribu di Kalibata, Jakarta Selatan. Karena hubungan pertemanan yang begitu erat antara ayah Ahok, Indra Basuki dan Suami Misribu, Andi Baso Amir, keluarga Andi Baso mengikat keluarga Ahok sebagai saudara.

Sebelum sang ayah mengembuskan napas terakhir, Ahok dititipkan kepada keluarga Andi Baso Amir dan Misribu agar dirawat selama di Jakarta. Saat itu, Ahok sedang mengenyam pendidikan di bangku kuliah, di Universitas Trisakti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok