Sukses

Cara Anies Keluarkan Jakarta dari Daftar Kota Tak Berkualitas

Menurut Anies, ada tiga aspek yang digunakan dalam mengukur kota berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI, Anies Baswedan, menyatakan Jakarta masuk daftar kota tak berkualitas, lantaran menempati peringkat 88 dalam indeks kota berkelanjutan Arcadis atau Sustainable Cities Index 2016.

"Di sini, bukan kata Anies, kata berita," ujar dia dalam debat kandidat Pilkada DKI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2016).

Ada tiga aspek yang digunakan dalam mengukur kota berkualitas. Yakni people (rakyat), planet (bumi), dan profit (keuntungan).

"Dan Jakarta, hanya profit. Tapi, tidak people, tidak planet," bebernya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menambahkan, setidaknya ada 350 ribu orang di Jakarta yang masuk kategori miskin atau berpenghasilan Rp487 ribu/bulan dan 3,5 juta warga hampir miskin atau pendapatan Rp1 juta/bulan.

Anies juga membeberkan tingkat pendidikan di ibukota, dimana 35% warganya tidak menyelesaikan SMA. Padahal, kalau mau menjadi office boy (OB) di Jakarta, minimal lulus SMA.

"Masuk ke Kepulauan Seribu, luar biasa, 65% (tidak lulus SMA). Bagian dari ibukota ini. Kita tidak bisa maafkan ini," imbuh eks ketua Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Karenanya, Anies Baswedan menjanjikan sebuah perubahan untuk pembangunan Jakarta kedepannya, yakni dengan meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM).

"Ketimpangan dibereskan, pendidikan dibereskan, keadilan dihadirkan dan persatuan dihadirkan di tempat ini," Anies menandaskan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1

    Anies Sandiaga

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017