Sukses

Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa Buka Lapangan Pekerjaan

Sandiaga memiliki tips mengubah cara berpikir untuk menjadi pengusaha.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno mengajak para mahasiswa untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi pengusaha muda. Dia mengharapkan anak muda Jakarta bisa mengubah cara berpikirnya yang tidak mengutamakan menjadi pegawai.

Sandiaga mengatakan bahwa dia dan pasangannya dalam Pilkada DKI 2017, Calon Gubernur Anies Baswedan memang memiliki program untuk membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.

"Kami memang ingin Jakarta ke depan dan Indonesia bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga saat menghadiri acara The Employee Gathering LP3I di Anjungan Jawa Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (29/3/2017).

Sandiaga Uno menyampaikan hal tersebut tidak hanya kepada para mahasiswa, tetapi juga seluruh warga ibu kota. Dia berpesan agar warga DKI tidak ragu jika ingin membuka lapangan pekerjaan. Caranya, lanjut Sandiaga, dengan berpikir sederhana mengenai hal-hal kecil.

"Think small itu adalah kita enggak perlu berpikir yang besar-besar di awal, kita berpikir yang ada di depan kita, yang paling mudah adalah kendala keseharian kita," ucap dia.

Menurut Sandiaga, untuk memulai usaha sangatlah mudah apalagi saat ini ketika teknologi sudah sangat canggih dan media sosial menjamur. Para calon pengusaha bisa berjualan melalui online.

"Kita lihat memulai sesuatu dari yang sangat simple, berjualan kaos online berkembang menjadi berjualan sepatu, dan itu menunjukkan kalau kita think small, kita enggak memiliki beban untuk langsung memulai," kata dia.

Sandiaga menyampaikan peluang untuk menjadi wirausaha di Jakarta sangatlah besar, baik untuk pengusaha kecil ataupun pengusaha besar.

"(Peluangnya) sangat besar karena kita lihat dari data per hari ini ada 500 miliar dolar peluang usaha yang terbuka untuk para pelaku usaha di Indonesia baik itu pelaku usaha bsar maupun usaha yang UKM," tutur dia.

"Jadi ini kalau kita enggak ambil sekarang? kita enggak peluang ini enggak kita tabrak langsung, ini akan jadi lahan yang sangat empuk pengusaha-pengusaha dari negara-negara tetangga," sambung dia.

Sandiaga Uno yang juga pengusaha ini memiliki cara yang menurut dia mampu mengubah cara pikir agar warga ibu kota mau menciptakan lapangan kerja dengan membuka usaha.

"Caranya mengubah mindset adalah dengan hadirnya tokoh-tokoh yang bisa menginspirasi mereka. Jadi bagi saya inilah kesempatannya dan masa-masa ke depan ini adalah masa keemasan ekonomi dan dunia usaha Indonesia sehingga kita bisa menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang," pungkas Sandiaga.