Sukses

Ma'ruf Amin: Jokowi Menghargai Ulama

Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi sosok yang menghargai ulama.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali ke kediamannya di kawasan Koja, Jakarta Utara setelah sebelumnya mengadakan konferensi pers di Kantor PBNU, Jakarta Pusat. Di rumahnya, dia menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi sosok yang menghargai ulama.

"Saya menganggap ini mungkin penghargaan kepada ulama, karena saya dianggap merelresentasikan ulama," tutur Ma'ruf Amin di lokasi, Kamis (9/8/2018).

Menurut Ma'ruf Amin, malam ini dia akan beristirahat untuk kembali beraktivitas besok pagi. Rencananya, sekitar pukul 08.30 WIB dia akan menuju Istana Negara dan bersama Jokowi menuju KPU Pusat.

"Jam 09.00 WIB berangkat ke KPU," jelas dia.

Presiden Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai cawapres untuk mendampinginya maju dalam Pilpres 2019. Setelah deklarasi hari ini, Ketua MUI itu masih akan menyesuaikan jadwal untuk bersama-sama menjalani kontestasi politik tahun depan.

"Persiapan besok ke KPU, setelahnya belum tahu," Maruf Amin menandaskan.

Presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi akhirnya memutuskan menggandeng Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi di Pilpres 2019. Putusan itu didukung oleh sembilan parpol koalisi pendukung Jokowi, yaitu Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Golkar, PKB, PPP, PDIP, PSI, Perindo, dan PKPI.

Kepastian Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi disampaikan dalam deklarasi pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin yang juga dihadiri sembilan ketua umum parpol pendukung Jokowi.

"Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi, yaitu Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres periode 2019-2024 adalah Profesor Doktor Ma'ruf Amin," kata Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) malam.

Deklarasi ini menyudahi banyak spekulasi yang berkembang selama ini tentang sosok yang akan dipilih Jokowi sebagai cawapres. Pilihan Jokowi akhirnya berlabuh pada Ketua MUI tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.