Sukses

Ma'ruf Amin: Indonesia dan Malaysia Saling Mempengaruhi

Ma'ruf Amin memuji Mahathir sebagai tokoh politik terkemuka bertaraf Internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal cawapres Ma'ruf Amin mengatakan, hubungan Malaysia dan Indonesia bukan hanya sebagai dua negara yang bertetangga secara kewilayahan, tetapi juga sudah puluhan tahun terjalin hubungan spiritual dan kultural.

"Kedua negara ini adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam yang berorientasi Ahlussunnah wal Jamaah, dan telah berlangsung aliran tenaga kerja dari Indonesia ke Malaysia dalam jumlah besar yang tentunya ikut memengaruhi kebudayaan Malaysia," ucap Ma'ruf Amin di Kuala Lumpur, Sabtu, 8 September 2018.

Terkait pertemuan dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengatakan, pertemuan itu merupakan ajang silaturahmi yang dapat menjadi kesempatan memperkuat hubungan Malaysia dan Indonesia sebagai saudara serumpun.

"Pertemuan ini merupakan momentum penting bagi hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia karena satu sama lain dapat saling belajar, sehingga diperoleh manfaat untuk kepentingan negara dan bangsa," ucap Ma'ruf seperti dilansir dari NU.or.id. 

Pada kesempatan tersebut, Kiai Ma'ruf juga sempat memuji Mahathir sebagai tokoh politik terkemuka bertaraf internasional, yang sarat dengan pengalaman mumpuni dan nasionalisme yang sangat meyakinkan dalam dinamika politik ekonomi global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titipkan WNI

Tidak ketinggalan, Ma'ruf juga menitipkan warga negara Indonesia yang beraktivitas di Malaysia di barbagai sektor, seperti di pendidikan, ketenagakerjaan, dan bisnis.

"Mereka (warga negara Indonesia) diharapkan dipandang tidak hanya sebagai warga negara yang serumpun dan mitra kerja, namun lebih jauh dari itu, yakni hendaknya dilihat sebagai saudara, sehingga kendala dan berbagai permasalahan yang kemungkinan muncul dapat terselesaikan secara kekeluargaan dan persaudaraan," jelas dia.

Kiai Ma'ruf meyakini, persaudaraan Malaysia dan Indonesia akan semakin baik di era kepemimpinan Mahathir Muhammad, hal ini sudah dibuktikan oleh Perdana Menteri Malaysia ini yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang pertama kali dikunjungi setelah pelantikannya. 

"Kami berharap silaturahim ini menjadi langkah awal yang semakin menguatkan persaudaraan Malaysia dan Indonesia ke depan," Ma'ruf Amin menandaskan. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.