Sukses

Ibas Nilai Jokowi Teruskan Kebijakan Pendidikan Gratis Era SBY

Ibas mengatakan, terobosan SBY yang eksis ialah program dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menilai, kebijakan pendidikan gratis pemerintah saat ini merupakan kelanjutan dari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Terobosan SBY yang eksis ialah program dana bantuan operasional sekolah (BOS).

"Ingat program BOS? Pemerintah SBY berhasil menerapkan sekolah gratis pada 2005 untuk SD dan SMP," kata dia saat berkunjung ke SMAN I Pacitan, Jawa Timur, yang disampaikan dalam keterangan tertulis, Kamis 15 November 2018.

Pria yang kerap disapa Ibas ini menambahkan, kebijakan sekolah gratis pun kemudian diperluas untuk siswa SMA pada tahun ajaran 2012/2013. Dia menyebut, kebijakan pemerintahan SBY-Boediono berlangsung efektif semasa 2013/2014. Warisan positif tersebut yang dilanjutkan oleh pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

"Kalau saat ini ada Program Indonesia Pintar (PIP)," ucap Ibas.

Ibas berjanji mengawal kebijakan pendidikan gratis, terutama yang berlangsung di kampung halamannya, Pacitan. Dia mengajak para siswa berikhtiar menjadi siswa berkualitas dan berdaya juang tinggi.

"Banyak program yang serius saya kawal, saya berharap pendidikan bisa dirasakan semua masyarakat sehingga ke pelosok Pacitan sebagai bentuk rasa sayang saya kepada kampung halaman saya, tempat kelahiran ayahanda tercinta Bapak SBY," tutur putra bungsu SBY itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Napak Tilas

Kunjungan anggota Komisi X DPR RI itu ke SMAN I Pacitan dalam rangka reses menyerap aspirasi, sekaligus napak tilas perjalanan sang ayah.

"Karena Pak SBY kami menjadi punya harapan untuk maju. Mas Ibas juga sebagai wakil rakyat yang kami andalkan untuk membawa suara kami ke DPR RI sangat amanah, dia tidak pernah setengah-setengah dalam mengawal program," kata Kepala SMAN 1 Pacitan Sugiyanto di kesempatan sama.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.