Sukses

Ma'ruf Amin: Pancasila Titik Temu Bangsa Indonesia

Ma'ruf Amin bersyukur lewat Pancasila, karena selain mempersatukan bangsa, lima dasar falsafah negara ini juga bisa merekatkan umat Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyapa warga Trenggalek, Jawa Timur dalam agenda Istigosah Kubro. Menurutnya, Pancasila adalah titik temu bangsa Indonesia yang mempersatukan seluruh umat.

"Negara kita masih utuh karena kita diwarisi dengan kesepakatan, dasar negara Pancasila. Pancasila ini adalah titik temu, antara seluruh bangsa Indonesia, semua elemen bangsa menerima Pancasila," ucap Ma'ruf Amin di Stadion Minak Sompal, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019).

Ia bersyukur lewat Pancasila, karena selain mempersatukan bangsa, lima dasar falsafah negara ini juga bisa merekatkan umat Islam.

Ma’ruf menyatakan, bersatunya dua elemen itu dinilai sebagai keberhasilan para ulama terdahulu dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, melalui pendekatan kompromi.

"Kita bersyukur kepada para ulama kita yang dapat mensinergikan Pancasila dan Islam, para kiai tahu mengompromikan antara dua hal (Indonesia dan Islam), melalui pendekatan kompromi, Pancasila ini adalah titik temu," jelas Ma’ruf.

Karenanya, atas dasar perjuangan para ulama di zamannya, Ma'ruf Amin bertekad untuk bisa melanjutkannya lewat jalur struktural sebagai wakil presiden.

"Demi bangsa dan negara, juga desakan dan dorongan para ulama maka saya mau jadi cawapres, saya juga ingin secara struktural mengawal NKRI diwariskan para ulama," pungkas Ma'ruf Amin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerek Suara di Jatim

Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin meresmikan Kantor Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Trenggalek, Jawa Timur. Ia berharap, dengan adanya kantor ini, tim sukses bisa menghasilkan suara yang signifikan di Trenggalek.

"Target kalau bisa seperti target nasional, minimal 70 persen. Jadi Trenggalek minimal 70 persen yang harus dicapai," ucap Ma'ruf di Kantor TKD Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019).

Di samping itu, Ma'ruf juga melihat Kantor TKD Trenggalek cukup bagus dibanding kantor tim sukses lainnya di tingkat kabupaten. Ia menilai, sarana itu seharusnya bisa memacu tim sukses untuk bekerja lebih giat lagi.

"Bangga hari ini kami resmikan Kantor TKD Trenggalek yang cukup megah untuk ukuran kabupaten dan sangat representatif. Mudah-mudahan kinerja ke depan semakin baik," kata Ma'ruf.

Dalam acara peresmian ini, hadir sejumlah perwakilan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) seperti Giyanto dari PDI Perjuangan. Selain itu, hadir pula Ketua TKD Jawa Timur Mahfud Arifin dan Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.