Sukses

Quick Count Pilkada Lampung Timur: Dawam Rahardjo - Azwar Hadi Unggul 40,36 Persen

Dia menjelaskan quick count yang dilakukan lembaganya mengambil sampel dari 88 TPS yang tersebar di Lampung Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan nomor 3 Dawam Rahardjo-Azwar Hadi untuk sementara unggul di Pilkada Lampung Timur 2020. Berdasarkan hasil quick count yang dirilis Rakata Institute, pasangan nomor urut 3 tersebut mendapat perolehan 40,36%.

Perolehan suara ini melampui pasangan nomor urut 2, Zaiful Bokhari-Sudibyo yang memperoleh 35,97% dan pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah-Benny Kisworo mendapat 20,67%.

“Berdasarkan data yang masuk 100% dari masing-masing kandidat diketahui jika pasangan nomor 3 unggul dari dua pasang calon yang lain,” ujar Direktur Rakata Institute Yuli Harmoko, Rabu (9/12/2020).

Dia menjelaskan quick count yang dilakukan lembaganya mengambil sampel dari 88 TPS yang tersebar secara proporsional setiap kecamatan di Kabupaten Lampung Timur. Sampel dipilih menggunakan metode Stratified Random Sampling.

“Margin error dari hitung ini cepat kurang lebih 2,5% dengan tingkat kepercayaan 99%,” katanya.

Yuli menegaskan secara statistik pasangan Dawam Rahardjo-Azwar Hadi bisa dipastikan menang. Kendati demikian kepastian kemenangan pasangan calon Pilkada tetap harus menunggu tabulasi suara yang dilakukan oleh KPU Lampung Timur.

“Secara statistik, pasanagan M Dawam Rahardjo - Azwar Hadi unggul atas pasangan lainnya. Dengan demikian, pasangan ini kami prediksi memenangkan pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung 2020,” ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Beda Jauh dengan KPU

Hitungan Rakata Institute ini tidak berbeda jauh dengan hasil penghitungan sementara KPU yang ditampilkan di website pilkada2020.kpu.go.id.

Dalam website tersebut diketahui Pasangan Dawam Rahardjo-Azwar Hadi memperoleh 40,9%, pasangan Zaiful Bukhori-Sudibyo 38,4%, dan pasangan Yusran Amirullah-Benny Kisworo 20,7%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.