Sukses

Mampu Naiki Elektabilitasnya, Hadi Tjahjanto Berperluang Dampingi Ganjar Pranowo

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto dianggap bisa saja berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu 2024 sebagai calon wakil presidennya.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto dianggap bisa saja berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu 2024 sebagai calon wakil presidennya.

Pengamat politik dan dosen Fisip UBK, Faisyal Chaniago mengatakan, Hadi Tjahjanto bisa menjadi Cawapres bagi Ganjar. Namun dengan beberapa catatan.

"Apakah Hadi ada peluang untuk mendampingi Ganjar? Bisa saja, asal tim sukses Hadi bisa melakukan pendekatan politik pada elit-elit PDIP dan partai lain," katanya saat dihubungi wartawan.

Dia juga mengimbau, agar Hadi Tjahjanto memperbanyak kegiatan dengan masyarakat. Harapannya, dapat meningkatkan elektabilitas sehingga menjadi satu nilai tawar.

"Serta dalam waktu dekat mampu menaiki elektabilitasnya - karena pemilu salah satu ukurannya dari elektabilitas," ujarnya.

Selain elektabilitas, Faisyal menambahkan, Hadi juga harus membangun komunikasi politik dengan sejumlah parpol. Dengan dua bekal tersebut, dia meyakini, Hadi memiliki peluang untuk ikut dala kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Sebelumnya, lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei yang dilakukan 25-28 April 2023, di mana melihat suara pemilih kritis terhadap kandidat calon presiden untuk Pemilu 2024.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, pemilih kritis adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik karena mereka memiliki telepon atau cellphone sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial-politik. Mereka umumnya adalah pemilih kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan.

Mereka juga cenderung lebih bisa memengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya. Total pemilih kritis ini secara nasional diperkirakan 80%. Karena itu, survei ini tidak mencerminkan populasi pemilih nasional 100%.

Adapun, hasilnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dengan raihan 20,8%. Di bawahnya ada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan 15,8% dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan 11,4%.

"Ini mengindikasikan bahwa Ganjar mengalami kenaikan signifikan dari 13% pada 4-7 April 2023, baru setelah keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, menjadi 20,8% pada 25-28 April 2023 baru setelah keputusan PDIP mencalonkan Ganjar," kata Deni dalam keterangannya, Sabtu (29/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lawan Ganjar Alami Penurunan Suara

Untuk Prabowo sendiri dukungannya cenderung menurun. Sedangkan Anies mengalami kenaikan dalam survei SMRC lainnya.

"Sementara dukungan mereka pada Prabowo sebesar 18,3% menjadi 15,8%, dan pada Anies 10,7% menjadi 11,4% pada kurun waktu yang sama. Kenaikan Ganjar terjadi dari akumulasi penurunan pada Prabowo, pada pemilih yang belum menentukan pilihan sebelumnya, dan pada pemilih calon-calon lain," jelas Deni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Marsekal Hadi Tjahjanto, menjadi calon tunggal yang diajukan sebagai pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo, selaku Panglima TNI.

    Hadi Tjahjanto

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Pemilu

Video Terkini